Sukses

PKB Beri Bantuan Sembako untuk Para Seniman Tradisional di Jatim dan Yogyakarta

Adapun bantuan itu diserahkan melalui pelawak kondang asal Jatim Syakirun atau akrab disapa Kirun, untuk membantu distribusi ke para seniman.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona atau Covid-19 telah membuat semua pihak terdampak, tak terkecuali para seniman tradisional. Karena hal tersebut, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau sekarang disebut Gus AMI, memberikan bantuan sembako kepada para seniman tradisional di Jawa Timur, khususnya wilayah Tapal Kuda dan Yogyakarta.

Adapun bantuan itu diserahkan melalui pelawak kondang asal Jatim Syakirun atau akrab disapa Kirun, untuk membantu distribusi ke para seniman.

"Dulur-dulur seniman sudah tiga bulan nganggur, tidak tanggapan. Beruntung, saya sebagai pemilik Padepokan Syakirun dipercaya Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menyalurkan sembako kepada seniman tradisional yang ada di Jawa Timur, khusunya wilayah tapal kuda dan Yogyakarta," ucap Kirun dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Dia menuturkan, para seniman tradisional ini betul-betul membutuhkan bantuan. "Terutama seniman ketoprak, ludruk,wayang orang, niyaga, pesinden, pemusik, perias, penata lampu, pemain gamelan. Paling tidak sembako pemberian Gus AMI bisa sedikit meringankan beban ekonomi mereka," ungkap Kirun.

Menurut dia, ratusan sembako kiriman Gus AMI tidak akan cukup dibagikan kepada seluruh seniman tradisional yang terkena dampak Corona, karena jumlahnya mencapai ribuan. Ia pun menyiasatinya dengan hanya memberikan sembako tersebut kepada seniman tradisional yang benar-benar membutuhkan dan benar-benar terkena dampak.

"Sembako akan diberikan kepada mereka yang usainya tidak muda lagi, terutama seniman gamelan, penata musik dan lainnya," terangnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Salurkan Kembali

Dia mengaku siap menyalurkan kembali sembako Gus AMI jika DPP PKB kembali mengirimkan sembako tahap lanjutan.

"500 paket sembako tidak akan cukup dibagikan kepada para pelaku seniman tradisional, 700 pun tidak cukup, karena jumlahnya ribuan. Kalau memang masih tersedia di DPP, saya siap menyalurkan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • PKB