Sukses

Polri Siap Mendisiplinkan Masyarakat dalam Pelaksanaan New Normal

Semua pihak harus mematuhi protokol kesehatan yang disusun oleh Kementerian dan Lembaga, sesuai lingkup tugasnya dalam menjalankan aktivitasnya

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan segera menerapkan konsep new normal agar masyarakat bisa beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Bahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah memerintahkan Kepolisian bersama TNI, ikut membantu, agar masyarakat tetap disiplin.

Terkait hal ini, Komjen Pol Agus Andrianto Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri (Kabaharham) mengatakan, pihaknya siap membantu.

"Sesuai Perintah Bapak Presiden kepada TNI dan Polri, untuk mendisiplinkan masyarakat yang merupakan prasyarat utama keberhasilan mencegah pandemi Covid-19. Tentu saja juga, peran serta komponen Kementerian dan Lembaga lainnya, dan utamanya dukungan maupun kesadaran masyarakat sangat diperlukan," kata Agus, Jumat (29/5/2020).

Dia menuturkan, bukan hanya Polri yang akan menerapkan protokol kesehatan, tapi, semua pihak.

"Semua pihak harus mematuhi protokol kesehatan yang disusun oleh Kementerian dan Lembaga, sesuai lingkup tugasnya dalam menjalankan aktivitasnya," ujar Agus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Protokol Kesehatan

Menurut dia, ini dijalankan seusai protokol kesehatan, karena didasari atas kesadaran bahwa virus ini akan selalu ada. Sehingga, mau tidak mau, suka tidak suka, semua harus beradaptasi.

"Beradaptasi dengan menerapkan pola hidup yang baru dengan penerapan Protokol Kesehatan dalam menjalani aktivitas kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan membiasakan pola hidup sedemikian itu tentunya akan menjadi pola hidup kenormalan baru," ungkap Agus.

Dia menegaskan, semuanya ini tergantung bagaimana kebijakan Gugus Tugas Pusat dalam menentukan pelaksanaan, yang dibahas bersama dengan pemerintah dalam rapat terbatas. Yang tentu saja, sudah ada kondisi daerah mana saja yang akan segera menerapkannya.

Agus pun yakin, Kepolisian dan TNI juga akan bekerja keras, agar masyarakat bisa beradaptasi, selama belum ada vaksin terhadap pandemi ini.

"Semua akan beradaptasi dengan situasi dan kondisi alam di mana kita hidup," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.