Anies Cek Kesiapan Puskesmas DKI Jakarta Jelang New Normal

Oleh Fachrur Rozie pada 29 Mei 2020, 12:24 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 12:24 WIB
Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria didampingi Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengunjungi Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (29/5/2020) pagi.

Kunjungan tersebut dalam rangka pengecekan kesiapan fasilitas kesehatan hingga level kelurahan jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir 4 Juni 2020 mendatang.

"Kita menyadari bahwa ini adalah pekan penentuan apakah pembatasan sosial akan diteruskan atau dituntaskan. Bila dituntaskan artinya kita mulai masuk masa transisi, di masa transisi ini masyarakat mulai berkegiatan di luar meskipun masih terbatas," kata Anies.

Dia menyebut, konsekuensi dari tuntasnya masa PSBB ini berupa dimulainya kembali berbagai interaksi, termasuk interaksi langsung antarorang yang merupakan salah satu penyebab penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut yang mendasari Gubernur Anies memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

"Kita tahu virusnya menular lewat interaksi, bila ada yang terpapar maka beban terbesar yang akan menghadapi adalah jajaran tim kesehatan," kata Anies.

Menurut dia, menjelang masa transisi menuju kehidupan normal baru atau new normal, maka fasilitas kesehatan harus bersiap dengan segala risikonya.

"Jadi kalau menjelang masa transisi yang harus dicek adalah fasilitas kesehatan, kalau tempat-tempat lain, yang mereka alami hanya tambah pengunjung. Kalau fasilitas kesehatan harus bersiap untuk menyembuhkan mereka yang terpapar dan memiliki keluhan kesehatan," kata Anies.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Kesehatan Memadai

Berdasarkan peninjauan di Puskesmas Kramat Jati, Anies memastikan bahwa DKI Jakarta telah memiliki fasilitas kesehatan yang memadai hingga tingkat Puskesmas.

"Kami lihat di Kramat Jati, tenaga medisnya siap, fasilitasnya siap, bahkan APD sudah disiapkan lebih dari 2.000. Alhamdulillah dari sini nampak bahwa fasilitas kesehatan Jakarta siap dan bila nanti ternyata ini (PSBB) penghabisan kita mulai transisi, maka pertahanan kesehatannya sudah disiapkan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓