Sukses

Jokowi Sisir 245 Proyek Strategis Nasional Demi Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Jokowi menegaskan, pemerintah memprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang langsung berdampak besar bagi penguatan ekonomi rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku menerima 245 usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan digarap demi mendongkrak pemulihan sektor ekonomi saat pandemi virus corona atau Covid-19. Dia pun meminta jajarannya mengurus skema skala prioritas.

"Terkait dengan usulan 245 PSN baru, saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung, dikalkulasi secara rinci, mana yang direkomendasi dan mana yang tidak direkomendasi," tutur Jokowi saat Rapat Terbatas (Ratas) online, Jumat (29/5/2020).

Jokowi menegaskan, pemerintah memprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang langsung berdampak besar bagi penguatan ekonomi rakyat. Termasuk juga dalam pemulihan ekonomi nasional secara menyeluruh.

"Prioritas proyek yang memiliki daya ungkit besar kepada ekonomi pascapandemi, saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," jelas dia.

Jokowi juga meminta para menteri membagi fokus dalam pemulihan sektor lainnya pascapandemi Covid-19. Seperti sektor pendidikan dan kesehatan yang memang sudah teragendakan dalam PSN.

"Walaupun saat ini kita tengah menghadapi pandemi, tapi agenda-agenda strategis yang sangat penting bagi bangsa dan negara kita, yang menjadi prioritas bagi kepentingan nasional, tidak boleh berhenti dan tetap harus kita lanjutkan," Jokowi menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urus Pembebasan Lahan

Jokowi membagi fokus penguatan ekonomi rakyat di tengah penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satu hal yang masih menjadi hambatan Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor ekonomi sejauh ini adalah terkait pembebasan lahan.

"Selesaikan secepatnya-cepatnya berbagai hambatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Saya menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan," tutur Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang digelar daring, Jumat (29/5/2020).

Jokowi memerintahkan jajaran menteri agar memprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN, yang berdampak bagi penguatan ekonomi rakyat dan pemulihan ekonomi nasional.

"Saya mencatat beberapa PSN yang sangat penting bagi penguatan ekonomi rakyat misalnya seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial, serta peremajaan perkebunan rakyat," jelas dia.

Instruksi tersebut demi memastikan bahwa PSN yang dinilai sangat penting untuk rakyat tetap berjalan meski masih berfokus pada penananganan Covid-19.

"Saya ingin memastikan bahwa program-program ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," Jokowi menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.