Polda Metro Jaya: Pengawasan New Normal di Jakarta Seperti PSBB

Oleh Ady Anugrahadi pada 29 Mei 2020, 11:34 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 11:34 WIB
Menengok Pengawasan Pelaksanaan PSBB di Bundaran HI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Era new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi corona Covid-19 segera diterapkan di sejumlah wilayah di Indonesia. Provinsi DKI Jakarta, menjadi salah satunya.

Aparat keamanan TNI-Polri turut dilibatkan dalam mengontrol aktivitas masyarakat agar tak mengabaikan protokol kesehatan saat penerapan new normal.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, polisi siap mengawal kebijakan pemerintah dalam menerapkan new normal.

"Cara bertindak pertama, tidak akan lari dari protokol kesehatan, mengedepankan protokol kesehatan bagaimana orang pakai masker, bikin pos di sana, satu pintu, kan banyak protokol-protokol kesehatan yang dilaksanakan," kata Yusri saat dihubungi, Jumat (29/5/2020).

Menurut dia, dalam pelaksaannya nanti, new normal tidak jauh berbeda dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Keduanya sama-sama mengedepankan protokol kesehatan.

"Oh iya, pengawasannya (mirip PSBB). PSBB kan juga mengacu protokol kesehatan. Di jalan harus pakai masker, harus bersih-bersih kemudian pakai hand sanitizer," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Dibahas Bersama TNI

Penerapan New Normal, Stasiun MRT Bundaran HI Dijaga TNI
Personil TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaraan HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Pengerahan aparat TNI dan Polri ini akan dilakukan di objek keramaian seperti di tempat lalu lintas masyarakat, mal, pasar tradisional, tempat pariwisata, dan lain-lain. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Yusri mengatakan, pihaknya juga mengerahkan personel di yang ada di tiap-tiap Polres. Saat ini skenario pengawalan new normal sedang dalam pembahasan antara Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

"TNI-Polri sudah siap. Kesiapan personel, bagaimana cara bertindak di lapangan sudah kita siapkan semuanya," ucap dia.

Empat provinsi serta 25 kabupaten dan kota di Indonesia bersiap menghadapi fase kehidupan baru di tengah pandemi corona Covid-19 yang masih menghantam dunia.

Langkah ini sejurus dengan indeks penularan virus corona (R0) di bawah angka satu di masing-masing daerah tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓