Sukses

Proses Penerimaan Siswa Baru di Kota Tangerang Dilakukan Secara Online

Pemkot Tangerang berencana melaksanakan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2020-2021 pada 11 Juni hingga 9 Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang berencana melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 pada 11 Juni hingga 9 Juli mendatang. Menyiasati pembukaan tahun ajaran baru tersebut, semua proses akan dilakukan secara online.

"Di tahun sebelumnya, PPDB online hanya dilakukan di tingkat SMP. Namun, dalam situasi saat ini, PPDB online juga kami terapkan pada tingkat SD," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati, Jumat (29/5/2020)

Dia menuturkan, jalur PPDB tahun ini dilakukan melalui jalur zonasi, afirmasi khusus untuk siswa kurang mampu yang sudah masuk data terpadu kesejahteraan sosial, kemudian jalur perpindahan orangtua atau wali. Kemudian, khusus tingkat SMP ada tambahan jalur prestasi.

"Pelaksanaan PPDB Online dapat diakses melalui ppdbmandiri.tangerang.kota.go.id atau melalui aplikasi android Tangerang LIVE," kata Masyati.

Nantinya, berkaitan dengan daya tampung, di tingkat SD dibagi dalam enam zona. Di antaranya zona lingkungan sekolah 40 persen , zona wilayah 20 persen, zona umum atau antarzona 15 persen, zona luar kota 5 persen, zona afirmasi 15 persen, zona perpindahan 5 persen.

Sedangkan di jenjang SMP, zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan tugas orangtua 5 persen, dan terkait jalur prestasi dibagi tiga, yaitu prestasi akademik/non akademik 5 persen, prestasi domisili dalam kota 20 persen, prestasi domisili luar kota 5 persen.

"Begitu juga dengan zona wilayah juga kami bagi tiga. Di antaranya zona wilayah timur, tengah dan barat," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Sudah 95 Persen

Untuk wilayah timur yaitu Kecamatan Ciledug, Larangan, Karang Tengah dan Pinang. Zona wilayah tengah yaitu Kecamatan Cipondoh, Tangerang, Batuceper, Benda dan Neglasari. Sedangkan wilayah barat yaitu Kecamatan Periuk, Karawaci, Cibodas dan Jatiuwung.

"Persiapan sejauh ini sudah 95 persen, sisanya kami terus perkuat dengan sosialisasi yang hingga saat ini masih terus berjalan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PPDB adalah singkatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diberlakukan secara offline dan online.

    ppdb

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Pemkot Tangerang