Proses Penerimaan Siswa Baru di Kota Tangerang Dilakukan Secara Online

Oleh Pramita Tristiawati pada 29 Mei 2020, 10:37 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 10:37 WIB
Persentase Sistem Zonasi Minimal 50 Persen di Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020/2021

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang berencana melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 pada 11 Juni hingga 9 Juli mendatang. Menyiasati pembukaan tahun ajaran baru tersebut, semua proses akan dilakukan secara online.

"Di tahun sebelumnya, PPDB online hanya dilakukan di tingkat SMP. Namun, dalam situasi saat ini, PPDB online juga kami terapkan pada tingkat SD," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati, Jumat (29/5/2020)

Dia menuturkan, jalur PPDB tahun ini dilakukan melalui jalur zonasi, afirmasi khusus untuk siswa kurang mampu yang sudah masuk data terpadu kesejahteraan sosial, kemudian jalur perpindahan orangtua atau wali. Kemudian, khusus tingkat SMP ada tambahan jalur prestasi.

"Pelaksanaan PPDB Online dapat diakses melalui ppdbmandiri.tangerang.kota.go.id atau melalui aplikasi android Tangerang LIVE," kata Masyati.

Nantinya, berkaitan dengan daya tampung, di tingkat SD dibagi dalam enam zona. Di antaranya zona lingkungan sekolah 40 persen , zona wilayah 20 persen, zona umum atau antarzona 15 persen, zona luar kota 5 persen, zona afirmasi 15 persen, zona perpindahan 5 persen.

Sedangkan di jenjang SMP, zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan tugas orangtua 5 persen, dan terkait jalur prestasi dibagi tiga, yaitu prestasi akademik/non akademik 5 persen, prestasi domisili dalam kota 20 persen, prestasi domisili luar kota 5 persen.

"Begitu juga dengan zona wilayah juga kami bagi tiga. Di antaranya zona wilayah timur, tengah dan barat," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Persiapan Sudah 95 Persen

Untuk wilayah timur yaitu Kecamatan Ciledug, Larangan, Karang Tengah dan Pinang. Zona wilayah tengah yaitu Kecamatan Cipondoh, Tangerang, Batuceper, Benda dan Neglasari. Sedangkan wilayah barat yaitu Kecamatan Periuk, Karawaci, Cibodas dan Jatiuwung.

"Persiapan sejauh ini sudah 95 persen, sisanya kami terus perkuat dengan sosialisasi yang hingga saat ini masih terus berjalan," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓