Sukses

Ruhut Sitompul Dilantik Jadi Anggota BPIP, Istana: Hoaks

Beredar kabar di media sosial terkait pengangkatan Ruhut Sitompul sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar di media sosial terkait pengangkatan Ruhut Sitompul sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Ruhut disebut menggantikan Mahfud MD yang kini menjabat Menko Polhukam.

Dalam pesan tersebut dijelaskan, juru bicara Istana Kepresidenan mengumumkan bahwa Ruhut Sitompul akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 8 Juni 2020 di Istana Negara.

Namun, Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun menjelaskan, hal itu adalah kabar bohong atau hoaks.

"Hoax," kata Pramono saat dihubungi merdekacom, Kamis (28/5/2020).

Diketahui sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri yang didampingi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pernah bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Pengganti Mahfud dan Ma'ruf Amin

Dalam pertemuan tersebut Megawati meminta kepada Jokowi segera mencari pengganti pengganti Ma'ruf Amin dan Mahfud MD di BPIP.

"Pihak BPIP meminta pengganti Ma'ruf dan Mahfud," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (26/12).

Namun, Jokowi juga kata Fadjroel minta Megawati untuk menyerahkan nama-nama pilihan. Hal tersebut kata dia untuk jadi pertimbangan.

"Tetapi Pak Presiden juga meminta BPIP mengusulkan nama pengganti," ungkap Fadjroel.

Kemudian terkait nama-nama tersebut, dia berharap bisa diputuskan secepatnya. "Nantinya akan segera diputuskan," ucap Fadjroel.

Reporter : Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.