Sukses

Ridwan Kamil: Perekonomian di Jabar Kembali Jalan Mulai 29 Mei 2020

Ridwan Kamil menegaskan ada aturan yang harus dituruti bagi para pengusaha dan pembeli, yakni mengikuti protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya sudah mengkaji bahwa perekonomian di Jawa Barat sudah bisa mulai bergerak kembali.

Hal ini diungkapkan saat acara Silaturahome Lebaran Virtual yang digelar Liputan6.com, Selasa (27/5/2020) bersama artis Aura Kasih.

"Bisnisnya minggu depan setelah tanggal 29 itu sudah mulai perlahan-lahan menerima pelanggan lagi," kata pria yang akrab disapa Kang Emil.

Meski demikian, dia menegaskan ada aturan yang harus dituruti bagi para pengusaha dan pembeli, yakni mengikuti protokol kesehatan.

"Tapi dengan deklarasi, siap di depan usahanya mengumumkan bahwa maksimal per waktu. Misalnya kapasitasnya 10 diumumkan di depan pintunya cuma 5. Kemudian pas datang mal turun 50 persen. Ngantri di food court ada garisnya, dan belanja harus pakai sarung tangan," ungkap Ridwan Kamil.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam beradaptasi di tengah pandemi.

"Hal baru itu tidak nyaman, tapi kalau mau ekonominya gerak, harus mau beradaptasi dengan ketidaknyamanannya itu selama Covid ini, vaksin dan obatnya belum ditemukan," ujarnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.