Sukses

Ingin Kembali ke Jakarta, Pemudik Harus Melewati 3 Ring Penjagaan Berlapis

Sambodo menyebut, pemeriksaan berlapis terhadap kepemilikan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) akan dijalankan oleh Polri.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan tak akan mempermudah pemudik kembali di DKI Jakarta.

Dia mengatakan, ada tiga ring yang harus dilewati pemudik dengan penjagaan ketat sebelum masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Pemeriksaan SIKM ini dilakukan berlapis. Saya katakan ada 3 ring untuk menyekat orang yang akan masuk ke Jakarta tanpa memilili SIKM," ujar Sambodo saat dikonfirmasi, Selasa (26/5/2020).

Sambodo menyebut, pemeriksaan berlapis terhadap kepemilikan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) akan dijalankan oleh Polri. Menurutnya, penyekatan terluar yang dilakukan Polri sebelum pemudik masuk ke Jakarta dilakukan oleh Polda Jawa Timur.

"Penyekatan terluar yaitu ring 3 dilakukan oleh Polda Jatim, Jateng, Jabar. Setiap kendaraan yang akan masuk Jakarta, mereka akan ditanyakan apakah memiliki SIKM atau tidak," kata dia.

Untuk penyekatan di ring dua, Sambodo menyebut ada di 11 titik pemeriksaan. Yaitu empat titik berada di Bogor, empat di Bekasi, dan tiga di Tangerang. Sementara penyekatan di ring satu, ada di delapan titik.

"Penyekatan di ring satu, ada 8 titik penyekatan check point PSBB yg saat ini sudah existing tuk kemudian melaksanakan pemeriksaan terhadap SIKM. Di tol Utama itu mulai dari Semarang, Brebes, sampai Karawang Barat KM 47, sampai KM 29 di gerbang Tol Cikarang Utama, itu ada pemeriksaan," kata dia.

Sementara untuk penyekatan pemudik dari arah Banten berada di gerbang Tol Cikupa. 

"Kalau di Arteri, mulai dari Kedungwaringin masuk ke Kabupaten Bekasi, Ciawi, Cianjur, Bogor, termasuk juga di jalan raya Serang dari arah Banten, ini ada check point tuk memeriksa kepatuhan terhadap SIKM ini," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Pemudik Kembali ke Jakarta

Sambodo berharap dengan penyekatan secara berlapis ini tidak akan mempermudah pemudik kembali ke Jakarta. Pasalnya, Jakarta masih menjadi rawan penyebaran virus corona Covid-19.

"Mungkin tidak bisa juga 100 persen menghadang orang. Tetapi paling tidak ini kita akan jaga ketat supaya grafik (penularan Covid-19) di Jakarta yang mulai membaik ini kemudian tetap bisa kita pertahankan dan mencegah adanya gelombang kedua," kata dia.

"Saya tidak bsa membayangkan kalau ada gelombang kedua, berarti kerja keras kita selama dua bulan, tiga bulan ini, pengorbanan masyarakat Jakarta untuk tetap di rumah, akan sia-sia," Sambodo menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.