Sukses

Cegah Corona, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Minta Warga Tak Salaman Saat Lebaran

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarganya menunaikan Salat Idul Fitri di rumah dinas gubernur di Kota Bandung, Minggu (24/5/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarganya menunaikan Salat Idul Fitri di rumah dinas gubernur di Kota Bandung, Minggu (24/5/2020).

Ridwan Kamil mengatakan, perbedaan Lebaran kali ini adalah tak bisa salat berjemaah seperti biasanya. Hal ini untuk mencegah penularan Corona Covid-19.

"Dasarnya sama, kita tetap menyelesaikan ramadan dengan paripurna dan mengambil hikmah dari ramadan, yaitu kita dilatih selama sebulan untuk melatih hawa nafsu dunia dan mengalahkan kemudaratan," kata pria yang karib disapa Emil itu.

Idul Fitri tahun ini, Ridwan Kamil juga memilih tidak mengadakan acara gelar griya di Gedung Negara Pakuan.

Dia juga mengimbau warga tidak bersalaman untuk menghindari penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

"Kita tidak bisa bersalam-salaman secara fisik karena sedang situasi urgen, oleh karena itu manusia bisa menyesuaikan tanpa menghilangkan esensi dari Ramadan dan Idul Fitri," katanya seperti dikutip dari Antara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Jaga Jarak

Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta warga tetap menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kita fokus sampai akhir penyelesaian (penanggulangan) COVID-19, Insya Allah kita hidup di normal baru dengan cara yang lebih baik," katanya.

"Mudah-mudahan tahun ini lebih memberikan hikmah agar kita hidup lebih adil kepada alam, hidup lebih yakin dan beriman kepada Allah SWT, dan lebih fokus dengan niat ibadah," kata Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona