Sukses

Wakil Ketua MPR: Pandemi Covid-19 saat Idul Fitri Banyak Hikmah yang Bisa Dipetik

Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada 2020 ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena di tengah pandemi Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani mengatakan, perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada 2020 ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena berada di tengah pandemi Corona Covid-19.

Namun, menurut Arsul, musibah tersebut mengajarkan kita untuk menambah moral dan kesadaran untuk sabar, lebih banyak berbagi, dan membangun kesetiakawanan sosial yang lebih erat. Termasuk saat merayakan Idul Fitri ini.

"Islam mengajarkan kepada kita bahwa di balik setiap peristiwa ada hikmahnya. Hikmah itu merupakan pelajaran baik sebagai nilai moral saja maupun untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata," kata Arsul, seperti dilansir Antara, Minggu (24/5/2020).

Dia menyebut, pandemi Corona Covid-19 memberikan hikmah kepada kita semua, baik dalam tataran nilai moral maupun perbuatan.

Politikus PPP ini menilai, pandemi mengajarkan kepada kita untuk menambah moral dan kesadaran kita untuk sabar, lebih banyak berbagi, dan membangun kesetiakawanan sosial yang lebih erat. Begitu pula setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri.

"Dalam tataran perbuatan, pandemi ini memberikan ujian dan tantangan kepada kita untuk bisa hidup lebih disiplin agar peluang kesehatan kita tetap terjaga dengan baik tetap ada," ucap Arsul.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Memetik Hikmah

Arsul berharap, rakyat Indonesia bisa memetik hikmahnya karena terkadang memang tidak selalu mudah bagi kita. Menurutnya, selama ini kita sudah terbiasa hidup dengan kebebasan longgar di alam demokrasi.

Namun di tengah pandemi, Arsul mengajak masyarakat meninjau kembali makna dan posisi kebebasan yang kita inginkan untuk kepentingan lebih besar.

"Kepentingan itu yaitu lebih cepat pulih bukan saja kesehatan, namun kehidupan sosial-ekonomi," jelas Arsul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.