Sukses

Top 3 News: 3 Wilyah Indonesia Digoyang Gempa Jelang Idul Fitri

Top 3 news hari ini, ada tiga wilayah di Indonesia yang digoyang gempa pada, Sabtu, 23 Mei kemarin. Gempa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Maluku Barat Daya, dan Kuta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, ada tiga wilayah di Tanah Air yang digoyang lindu sehari jelang Idul Fitri. Gempa bermagnitudo 5,3 mengguncang wilayah Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada pukul 05:36:56 WIB.

Sementara, gempa kedua terjadi di Maluku Barat Daya dengan kekuatan magnitudo 5,5. Setelah itu, pada pukul 07:35:01 WIB, Kutai Selatan digetarkan gempa magnitudo 4,1 dengan kedalaman 90 kilometer.

Selain berita gempa, informasi soal dua orang tenaga medis pasien Covid-19 yang dianiaya oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) juga tak kalah menyita perhatian. 

Kedua korban yakni Kepala Puskesmas Kampung Wandai Ale Melik Bogau dan pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Intan Jaya Heniko Somau. Heniko Somau meninggal dunia dalam insiden tersebut. Sementara Ale Melik Bogau kini dalam kondisi kritis.

Menurut Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto, motif penganiayaan diduga kedua korban dianggap sebagai mata-mata aparat. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 23 Mei 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa Guncang 3 Wilayah di Indonesia Sehari Jelang Idul Fitri 2020

Gempa hari ini, Sabtu (23/5/2020) atau sehari jelang Hari Raya Idul Fitri kembali mengguncang Indonesia. Hingga pukul 18.45 WIB, setidaknya ada tiga wilayah di tanah air yang diguncang lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Sabtu (23/5/2020).

Lindu pertama pada hari ini menggetarkan wilayah Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat.

Gempa tersebut terjadi subuh tadi sekira pukul 05:36:56 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,3 dengan kedalaman 28 kilometer.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. TNI: Tenaga Medis Covid-19 yang Dibunuh KKSB di Intan Jaya Warga Asli Papua

Dua orang tenaga medis penanganan virus corona Covid-19 di Kabupaten Intan Jaya, Papua dianiaya oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB), Jumat 22 Mei 2020 kemarin. Satu orang tenaga medis tewas dalam insiden tersebut.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan, kedua korban merupakan orang asli Papua (OAP). Mereka ditugaskan di puskesmas setempat sebagai bagian dari Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Intan Jaya.

Kedua korban yakni Kepala Puskesmas Kampung Wandai Ale Melik Bogau dan pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Intan Jaya Heniko Somau. Heniko Somau meninggal dunia dalam insiden tersebut. Sementara Ale Melik Bogau mengalami luka dan sedang dirawat.

"Mereka mengalami luka sabetan parang," kata Eko.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. 5 Amalan Penyempurna Akhir Ramadan Sambut Hari Raya Idul Fitri

Hari ini, Sabtu (23/5/2020) merupakan puasa terakhir di bulan Ramadan 1441 Hijriah. Sudah genap 30 hari seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah puasa.

Usai berpuasa Ramadan, kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Pada hari kemenangan inilah, seluruh umat Muslim akan menuju lembaran baru yang lebih baik.

Saat malam sebelum perayaan Idul Fitri, biasanya masyarakat akan melakukan kegiatan takbiran di lingkungan masjid. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, bahkan sudah menjadi amalan yang selalu dilakukan di akhir bulan Ramadan.

Di Indonesia, kegiatan tersebut terkadang dijadikan sebagai ajang kompetisi atau parade antarmasjid untuk menyemarakkan gema takbir di malam Idul Fitri.

Menyerukan kalimat takbir, amalan ini dikatakan dapat memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memperoleh ampunan, bebas dari api neraka, hingga mendapatkan harapan ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.