Sukses

Gempa Guncang 3 Wilayah di Indonesia Sehari Jelang Idul Fitri 2020

Gempa pertama pada hari ini getarkan wilayah Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini, Sabtu (23/5/2020) atau sehari jelang Hari Raya Idul Fitri kembali mengguncang Indonesia. Hingga pukul 18.45 WIB, setidaknya ada tiga wilayah di tanah air yang diguncang lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Sabtu (23/5/2020).

Lindu pertama pada hari ini menggetarkan wilayah Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat.

Gempa tersebut terjadi subuh tadi sekira pukul 05:36:56 WIB dengan kekuatan magnitudo 5,3 dengan kedalaman 28 kilometer.

Selain itu, lindu juga terjadi di Kuta Selatan, Bali. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,1.

Berikut 3 gempa yang terjadi hari ini di Indonesia dihimpun Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuapejat

Wilayah Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat digetarkan gempa subuh tadi.

Lindu tersebut terjadi pada pukul 05:36:56 WIB. Gempa itu berkekuatan magnitudo 5,3 dengan kedalaman 28 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 40 kilometer barat daya Tuapejat.

Episenter gempa berada pada titik 2.39 Lintang Selatan-99.58 Bujur Timur.

 

3 dari 4 halaman

Maluku Barat Daya

Kemudian pada pukul 07:13:39 WIB, gempa juga terjadi di Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Episenter gempa berada pada garis Lintang -7.33 dan garis Bujur 129.26. Lindu ini berkekuatan magnitudo 5,5 dengan kedalaman 163 kilometer.

Pusat gempa berada 186 kilometer timur laut Maluku Barat Daya.

 

4 dari 4 halaman

Kuta Selatan

Setelah itu, gempa mendatangi Kuta Selatan, Bali pada pukul 07:35:01 WIB.

Episenter gempa berada pada titik 8.93 Lintang Selatan-115.5 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut 33 kilometer tenggara Kuta Selatan. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,1 dengan kedalaman 90 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi