5 Amalan Penyempurna Akhir Ramadan Sambut Hari Raya Idul Fitri

Oleh Liputan6.com pada 23 Mei 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 23 Mei 2020, 17:30 WIB
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Sabtu (23/5/2020) merupakan puasa terakhir di bulan Ramadan 1441 Hijriah. Sudah genap 30 hari seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah puasa.

Usai berpuasa Ramadan, kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Pada hari kemenangan inilah, seluruh umat Muslim akan menuju lembaran baru yang lebih baik.

Saat malam sebelum perayaan Idul Fitri, biasanya masyarakat akan melakukan kegiatan takbiran di lingkungan masjid. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, bahkan sudah menjadi amalan yang selalu dilakukan di akhir bulan Ramadan.

Di Indonesia, kegiatan tersebut terkadang dijadikan sebagai ajang kompetisi atau parade antarmasjid untuk menyemarakkan gema takbir di malam Idul Fitri.

Mereka biasanya mengusung tema-tema unik yang membangkitkan semangat hingga mampu memberikan hiburan menarik.

Namun, pada perayaan malam takbiran tahun ini akan berbeda. Hal ini mengingat kita tengah berada pada situasi pandemi corona Covid-19.

Masyarakat pun diimbau untuk tidak melakukan kegiatan takbir keliling untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 saat berkerumun.

Meski begitu, kegiatan malam takbiran masih dapat dilakukan dengan menggemakan takbir melalui masjid terdekat atau di rumah masing-masing.

Selain itu, ada pula beberapa amalan pada malam takbiran yang bisa dilakukan untuk menambah pahala di penghujung Ramadan. Bahkan amalan-amalan ini dapat dilakukan di rumah bersama keluarga.

Berikut lima amalan malam takbiran yang bisa Anda lakukan di rumah untuk sempurnakan pahala Ramadan:

 

2 dari 7 halaman

1. Menyerukan Takbir

Ilustrasi takbiran
Ilustrasi takbiran (sumber: iStockphoto)

Amalan malam Idul Fitri yang pertama adalah menyerukan kalimat takbir. Amalan ini dikatakan dapat memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memperoleh ampunan, bebas dari api neraka, hingga mendapatkan harapan ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

Bukan hanya itu, takbiran juga bisa menjadi kesempatan untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah.

Dalam hal ini Allah berfirman pada QS Al-Baqarah ayat 185:

"…hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu."

Kegiatan menyerukan kalimat takbir ini dapat dilakukan di mana saja, baik itu di dalam masjid maupun di rumah.

Untuk saat ini tentu saja, kegiatan takbiran lebih baik dilaksanakan di rumah. Bukan hanya itu, seruan takbir juga bisa dilafalkan masing-masing umat muslim saat menjelang pelaksanaan sholat Idul Fitri di keesokan harinya.

Berikut adalah lafaz kalimat takbir yang bisa diucapkan:

"Allahu Akbaru, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallahu wallahu Akbar, Allahu akbaru wa lillahil-hamd"

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji milik Allah.

 

3 dari 7 halaman

2. Berdoa

Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)
Ilustrasi berdoa (sumber: iStock)

Amalan malam takbiran yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berdoa. Seperti diketahui, Allah akan memberikan ampunan yang seluas-luasnya bagi umat muslim yang berdoa memohon kepada Sang Pencipta.

Bukan hanya itu, Allah juga akan menjanjikan berkah pahala yang melimpah bagi umatnya yang rajin melakukan ibadah dan amalan baik di bulan Ramadan.

Tentu saja ini merupakan kesempatan dan peluang baik bagi seluruh umat muslim untuk memanjatkan doa kepada Allah dengan sungguh-sungguh.

Berdoa memohon ampun atas segala kesalahan yang telah dilakukan selama hidup di dunia baik disengaja maupun tidak disengaja.

Selain itu, dapat juga berdoa memohon kesehatan, keberkahan rezeki, serta keselamatan selama menjalani kehidupan selanjutnya.

Doa yang dilakukan dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh pasti akan diterima dan dikabulkan oleh Allah.

 

4 dari 7 halaman

3. Zikir

Mengisi Kemuliaan Ramadan dengan Tadarus Alquran di Masjid Istiqlal
Jemaah membaca kitab suci Alquran usai salat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (7/5/2019). Umat muslim meningkatkan ibadah pada bulan suci Ramadan dengan membaca Alquran (tadarus), salat berjemaah, berdoa, dan zikir di masjid. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain memanjatkan doa, berzikir juga termasuk salah satu amalan malam takbiran yang bisa dilakukan di penghujung bulan Ramadan.

Dikatakan, berzikir merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Bukan hanya itu, berzikir juga bisa menjadi salah satu upaya untuk mengingat, mendekatkan diri, serta menunjukkan rasa syukur dengan limpahan berkah yang diberikan Allah.

Rasulullah SAW pun menganjurkan seluruh umat muslim untuk banyak berzikir agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Anda juga bisa melakukan kegiatan zikir untuk menyempurnakan ibadah di malam takbiran. Berzikir pun menjadi kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Dengan berzikir, Anda bisa lebih mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah serta bisa mendapatkan kemuliaan di penghujung bulan Ramadan.

 

5 dari 7 halaman

4. Salat Isya dan Subuh Berjemaah

Pembuka Pintu Surga
Ilustrasi Salat Tahajud Credit: shutterstock.com

Amalan selanjutnya adalah melaksanakan salat subuh dan isya secara berjemaah. Seperti diketahui, melaksanakan ibadah salat subuh dan isya secara berjemaah memang sudah menjadi kebiasaan dan anjuran baik untuk dilakukan sehari-hari.

Namun seseorang yang melakukan ibadah ini di hari terakhir Ramadan atau malam takbiran, maka akan mendapatkan keistimewaan berupa pahala yang berlipat ganda.

Bukan hanya itu, umat musim yang melaksanakan ibadah ini juga akan diberikan kemuliaan oleh Allah SWT.

Dengan begitu, ini menjadi kesempatan baik untuk menyempurnakan ibadah di penghujung Ramadan yang sayang jika dilewatkan.

 

6 dari 7 halaman

5. Bersiap Diri untuk Salat Idul Fitri

[Fimela] salat
ilustrasi salat | pexels.com/@baybiyik

Amalan malam takbiran yang terakhir bisa diisi dengan mempersiapkan diri menuju pelaksanaan salat Idul Fitri di keesokan harinya.

Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan pakaian baik dan rapi yang akan dikenakan saat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Selain itu, perlu juga menyiapkan wewangian agar pakaian dan tubuh segar saat mengikuti pelaksanaan salat Idul Fitri.

Sebab Allah menyukai hambanya yang berpenampilan rapi, bersih, dan wangi ketika hendak menghadapnya.

Terakhir, siapkan pula sedikit uang yang akan disedekahkan untuk infak Idul Fitri. Dengan menyedekahkan sebagian harta tentu saja menjadi salah satu amalan yang bisa menambah pahala dan kemuliaan dari Allah SWT.

 

Reporter: Ayu Isti Prabandari

Sumber : Merdeka

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓