Sukses

Sandiaga Sarankan UMKM Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Tunai

Menurut Sandi dengan program cash is king, atau bantuan tunai ke pengusaha UMKM setidaknya memberikan semacam oksigen kepada mereka untuk bertahan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengusulkan pemerintah agar memberikan bantuan tunai kepada para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  terdampak wabah virus Corona (Covid-19).

"Langkah yang paling jitu adalah bagaimana menghasilkan satu kebijakan yang memberikan aliran dana tunai kepada pengusaha agar mereka bisa bertahan," kata Sandiaga, Jumat (22/5/2020).

Mantan Cawapres 2019 itu menjabarkan bahwa pada bulan pertama dan kedua pengusaha-pengusaha UMKM yang terdampak Covid-19 tersebut mau tidak mau hanya akan makan uang tabungan mereka.

Namun pada bulan-bulan selanjutnya, dia khawatir justru para pengusaha itu menjual aset mereka untuk makan dan bertahan hidup. Padahal, sekira 97 persen lapangan kerja diciptakan pengusaha di sektor UMKM.

"Kalau dia (pengusaha) sudah jual aset pengusaha ini, maka akan mengurangi kemampuan mereka berproduksi,” ujarnya.

Menurut Sandiaga dengan program cash is king, atau bantuan tunai ke pengusaha UMKM setidaknya memberikan semacam oksigen kepada mereka untuk bertahan. Dengan adanya kredit pemulihan ekonomi rakyat dengan cash tunai sekira 50 jutaan untuk pengusaha UMKM setidaknya dapat membuat mereka benafas dua sampai tiga bulan kedepan.

"Ketika fasilitas itu diberikan kepada pengusaha, saya kira cukup yakin kita bisa mengalahkan krisis pandemic Covid-19. Krisis kesehatan sudah teratasi, begitu ekonomi kita bangkit kembali. Sektor UMKM akan menjadi lokomotif bangkitnya ekonomi pasca Covid-19,” ujar Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.