Sukses

Gugus Tugas Covid-19: Sebelum Vaksin Corona Ditemukan, Cara Hidup Kita Harus Diubah

Pandemi ini merupakan masalah global yang ditanggung sebagian besar negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa selama para ilmuwan belum menemukan vaksin bagi Covid-19, maka kita harus mengubah cara hidup sesuai dengan protokol kesehatan.

"Sepanjang para ahli belum menemukan vaksin Covid-19, maka satu -satunya cara yang bisa kita lakukan adalah mengubah cara hidup kita. Mengubah untuk menjadi lebih aman terhadap kemungkinan penularan Covid-19 ini," kata Yuri dalam keterangan pers daring di Graha BNPB, Jakarta (22/5/2020).

Yuri menegaskan, masalah pandemi Corona bukan hanya dialami oleh Indonesia. Pandemi ini merupakan masalah global yang ditanggung sebagian besar negara di dunia.

"Oleh karena itu, dalam konteks saat ini perilaku hidup bersih dan sehat mutlak kita laksanakan," tegas Yuri.

Perilaku ini misalnya mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Ditambah juga menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah.

"Dan selalu memperhitungkan untung ruginya keluar rumah adalah sesuatu yang harus kita budayakan dari sekarang," pinta Yuri.

Selain itu, lanjut dia, senantiasa menjaga jarak fisik apabila berkomunikasi dengan orang lain serta menghindari kerumunan adalah cara lainnya yang mesti digalakkan.

"Oleh karena itu nantinya kita akan menuju ke tatanan hidup yang lebih baru lagi. Yang kemudian harus kita jadikan norma untuk bisa aman dari Covid-19," terang Yuri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Tetap Produktif

Karena, kata dia, apa pun yang terjadi kita mesti tetap produktif. Kendati tengah berada di situasi wabah.

"Karena hanya inilah yang bisa kita lakukan di dalam kaitan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan keluarga kita dan seluruh masyarakat secara garis besar," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona