Sukses

Achmad Yurianto: Seluruh Daerah Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Yuri mengatakan, protokol kesehatan mesti dilaksanakan secara disiplin. Terlebih lagi di saat-saat menjelang perayaan hari raya Idul Fitri seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap mengarahkan semua Tim Gugus Tugas untuk menerapkan protokol kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

"Baik (daerah) yang menerapkan PSBB maupun yang belum menerapkan PSBB," ucap Achmad Yurianto melalui keterangan pers daring di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Yuri mengatakan, protokol kesehatan mesti dilaksanakan secara disiplin. Terlebih lagi di saat-saat menjelang perayaan hari raya Idul Fitri seperti ini.

"Kata tetap tidak melarang (perayaan), namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan, yaitu jaga jarak, gunakan masker dan setelah itu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tegas Yuri.

Menurut Yuri hal ini adalah upaya yang bisa dilakukan secara konsisten untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Oleh karena itu mari kita budayakan cara-cara hidup yang baru dengan melakukan pola hidup yang bersih dan sehat, kemudian rajin cuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan dengan selalu menjaga jarak," pintanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Hidup New Normal

Dikatakannya, cara seperti itulah yang disebut new normal yang mesti dilaksanakan sejak saat ini. Hal ini penting dilakukan mengingat Covid-19 hingga kini masih belum ditemukan vaksinnya.

"Para ahli sedang bekerja keras untuk menyelesaikan ini. Oleh karena itu tidak mungkin kita bisa memberikan kekebalan secara buatan manakala suatu penyakit belum ditemukan vaksinnya," tandas Yuri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.