Sukses

BMKG: Hujan di Jabodetabek Hari Ini Dalam Kategori Normal

Hujan dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta, Rabu (20/5/2020) sore. Salah satunya di wilayah Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, hujan yang terjadi hari ini, masih dalam kategori normal. Walaupun di sejumlah tempat, hujan turun disertai angin kencang.

"Untuk hujan hari ini masih dalam kategori normal, intensitas sedang-lebat dan merata di seluruh Jabodetabek," kata Prakirawan Cuaca BMKG Achmad Rifani kepada Liputan6.com, Rabu (20/5/2020).

Dia menegaskan, memang ada sebabnya hujan disertai angin yang terjadi pada petang dan malam ini.

"Kalau untuk penyebabnya, saat ini teramati ada sistem tekanan udara rendah di barat daya pulau Jawa yang menyebabkan adanya area konvergensi (pertemuan angin) di sekitar pulau Jawa bagian barat (termasuk Banten, Jakarta, sebagian Jabar). Area konvergensi ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan," ungkap Achmad.

Achmad mengatakan, kalau melihat dari radar, memang intensitas hujan lebat seperti ini sering disertai angin kencang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujan disertai angin kencang

Hujan dan angin kencang menghantam sejumlah wilayah di Jakarta, Rabu (20/5/2020) sore. Salah satunya di wilayah Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Muti, salah satu penghuni apartemen di daerah itu mengatakan, hujan mulai turun pukul 18.02 WIB.

Hujan deras itu didahului angin kencang yang menggetarkan pintu balkon apartemennya. "Angin dulu, hujannya kecil. Setelah 15 menitan baru hujannya deras," ujar Muti kepada Liputan6.com. 

Dia menuturkan, dari unit apartemennya yang berada di lantai 27, dia mendengar bunyi atap seng yang bergemuruh karena tiupan angin.

"Saya juga lihat pohon berputar tidak satu arah. Bangunan-bangunan yang pakai genteng seng terdengar menghantam-hantam," kata Muti.

Hal yang sama diungkapkan Vira, salah satu warga Cipinang, Jakarta Timur.

"Di sini hujan deras dan angin kencang," kata Vira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.