Sukses

Menko PMK: 22 Mei 2020 ASN dan Pegawai BUMN Tetap Masuk Seperti Biasa

Sementara, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri masih tetap keputusan awal yakni akhir Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan tanggal 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai BUMN. Untuk itu, seluruh ASN serta pegawai BUMN akan tetap masuk seperti biasanya di hari tersebut.

"Tadi rapat yang juga singkat menetapkan tanggal 22 Mei tahun 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN. Itu saja. Untuk pegawai-pegawai ASN dan BUMN tetap masuk seperti biasa," kata Menko PMK Muhadjir Effendy usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Rabu (20/5/2020).

Dia menegaskan, cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN akan diganti ke hari lain. Sementara, cuti bersama Hari Raya Idul Fitri masih tetap keputusan awal yakni akhir Desember 2020.

"Cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri belum ada perubahan, tetap yaitu digeser pada 28, 29, 30, dan 31 Desember. Dengan pertimbangan ini adalah tempat yang paling aman untuk membuat prediksi-prediksi yang paling aman dalam kaitannya masalah wabah Covid," jelas Muhadjir.

Kendati begitu, dia mengatakan Jokowi meminta pergantian cuti bersama lebaran dilakukan kajian ulang pada akhir Juni 2020. Hal itu apabila kasus virus corona sudah mengalami penurunan.

"Sangat dimungkinkan untuk memajukan cuti bersama berhimpitan dengan Idul Adha yaitu 31 Juli 2020, bisa sebelum atau setelah," ucap Muhadjir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Opsi Libur Lebaran

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, ada dua opsi pengganti libur Lebaran Idul Fitri 2020. Opsi tersebut yakni, menggeser libur Lebaran 2020 menjadi bersamaan dengan Idul Adha.

Opsi lainnya yakni, libur Lebaran diganti pada Desember 2020. Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih meminta agar kedua opsi tersebut dikaji terlebih dahulu.

"Presiden berikan arahan ke KSP (Kantor Staf Presiden) untuk melakukan kajian. Ada dua opsi, mengganti hari lebaran menjadi akhir Juli, Idul Adha," ujar Doni dalam video conference usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Senin (4/5/2020).

"Atau (diganti) akhir Desember. Jadi ada 2 mengganti hari lebaran ke hari Idul Adha dan Desember," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuti Lebaran 2022 dan hari Libur Nasional untuk perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah telah ditetapkan oleh Pemerintah beberapa waktu lalu.
    Cuti Lebaran 2022 dan hari Libur Nasional untuk perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah telah ditetapkan oleh Pemerintah beberapa waktu lalu.

    Cuti Lebaran

  • ASN adalah singkatan dari Aparatur Sipil Negara.

    ASN

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Menko PMK