Warga Kelurahan Kebon Baru Manfaatkan Social Distancing untuk Bercocok Tanam

Oleh Reza pada 20 Mei 2020, 10:03 WIB
Diperbarui 20 Mei 2020, 10:06 WIB
Karang taruna Kelurahan Kebon Baru

Liputan6.com, Jakarta Karang taruna Kelurahan Kebon Baru Kecamatan Tebet Jakarta Selatan beserta unit RW 7 melakukan panen sayuran hasil penanaman secara hidroponik dengan menghasilkan 8,5kg sayuran bayam dan pokcoi.

Meskipun dalam kondisi berdiam di rumah, Karang Taruna masih dapat melakukan hal positif dengan cara melakukan giat urban farming dengan menggunakan 300 lubang hidroponik.

"Hasil panen pertama ini akan digunakan untuk membantu warga yg Terdampak Ekonominya di masa PSBB ini, kata Lurah Kebon Baru Fadhilah Nursehati di Jakarta, Senin (19/05/2020).

Ia menambahkan, selanjutnya giat ini akan terus dikembangkan dengan membuat manajeman pemasaran sehingga hasil panen ini bisa bernilai ekonomis yang Lebih tinggi.

"Harapan Saya, agar Karang taruna Kelurahan Kebon Baru bisa terus menjadi motor penggerak pemuda di wilayah untuk melakukan inovasi untuk mengembangkan hasil hidroponik ini menjadi olahan yg bisa dijual dengan nilai yang lebih tinggi seperti nugget sayuran, jus, atau keripik bayam. Sehingga kegiatan ini bukan saja menjadi media bercocok tanam tapi bisa menjadi media pengembangan ekonomi berbasis kepemudaan," ujarnya

 

(*)