Sukses

Kunjungi RS Pulau Galang, Menko PMK Minta Tingkatnya Kewaspadaan Covid-19

Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi mess perawat yang berada satu komplek dengan RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang Batam.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi mess perawat yang berada satu komplek dengan Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang Batam.

Dia menyatakan, saat ini di RS Pulau Galang terdapat 95 pasien Covid-19. Sedangkan total kapasitas tempat tidur dari RS yang dibangun atas inisiatif Presiden itu dapat mencapai 360 tempat tidur.

"Dari 95 orang yang dirawat di sini Alhamdulillah dalam keadaan sehat, tidak satupun yang fatalitas. Kita patut bersyukur antisipasi terburuknya tidak terjadi dan Indonesia masih mendapatkan kondisi sangat baik dalam menghadapi Covid-19," ujar Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (20/5/2020).

Dia menekankan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan terus menjaga kehati-hatian sampai wabah Covid-19 betul-betul tuntas.

Terlebih, jika nanti memasuki era new normal atau kehidupan normal baru pasca Covid-19, masyarakat diimbau tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan beradaptasi dengan keadaan normal yang baru.

"Bagaimanapun covid ini harus kita hadapi. Ke depan selain tindak tanduk kita yang harus menyesuaikan dengan perilaku virus covid ini, salah satunya adalah kita siapkan RS yang memang akan melayani Covid-19 seperti yang ada di Pulau Galang," jelas Muhadjir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Rumah Sakit Pekerja Migran

Bahkan menurut rencana, RS Galang nantinya akan digunakan untuk melayani para pekerja migran. Sebagaimana diketahui, Pulau Galang adalah penyebrangan masuknya para pekerja Indonesia yang bekerja di luar, khususnya di negeri Singapura.

"Ini nanti akan kita bicarakan kembali, syukur-syukur bisa jadi RS rujukan utama. Karena posisinya Batam yang strategis, maka RS ini menjadi sangat strategis untuk kepentingan pelayanan khusus wilayah Batam dan wilayah Indonesia bagian barat," tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Muhadjir yang didampingi para pejabat lainnya juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas dedikasi para dokter, tenaga medis, dan juga tenaga teknisi yang telah berjasa di RS Galang.

"Kepada para dokter, tenaga kesehatan, tenaga teknisi yang telah mendedikasikan untuk RS ini saya ucapkan terima kasih," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.