Diklat BPSDM Kemendagri di Bogor Disulap Jadi Pusat Isolasi Covid-19

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 19 Mei 2020, 10:51 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 11:02 WIB
virus corona covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Wisma Balai Pendidikan dan pelatihan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri, kini sudah resmi menjadi pusat Isolasi mandiri corona COVID-19 untuk Kabupaten Bogor.

"Pusat Isolasi Covid-19 Kabupaten Bogor terdiri dari 44 kamar dengan 168 tempat tidur untuk Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP)," ucap Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga, Selasa (19/5/2020).

Selain itu, menurut dia, fasilitas ini dilengkapi dengan lab, Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang farmasi, ruang gizi, laundry, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), ruang sekretariat dan ruang tidur untuk tenaga kesehatan.

"Pusat isolasi covid-19 berfungsi sebagai lokasi untuk singgah karantina bagi ODP maupun PDP, mengantisipasi meningkatnya jumlah ODP maupun PDP di Kabupaten Bogor yang mengakibatkan daya tampung lima rumah sakit rujukan perlu mendapat tambahan. Lima rumah sakit rujukan tersebut terdiri dari empat RSUD dan satu rumah sakit paru," ungkap Kastorius.

 

2 dari 3 halaman

Fasilitas di Daerah untuk Covid-19

Dia juga menegaskan, sebenarnya fasilitas diklat Kemendagri di berbagai daerah juga telah dipakai untuk menjadi tempat fasilitas karantina atau isolasi dan akomodasi tenaga medis.

"Seperti di Yogayakarta, Gorontalo, Bali dan Jakarta. Ini seiring dengan perintah Presiden Jokowi kepada Mendagri Tito Karnavian di awal Maret lalu untuk menyiapkan fasilitas gedung diklat Kemendagri di berbagai daerah untuk mendukung penanggulangan Covid- 19," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓