Sukses

Anies: 60 Persen Warga Jakarta Patuhi Anjuran Tetap di Rumah

Hal ini ia ketahui dari riset pihaknya yang juga menggandeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menyebut bahwa selama pandemi Covid-19, 60 persen warganya mematuhi anjuran untuk tetap di rumah. Ini ketahui dari riset bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI).

"Mulai pertengahan Maret data mobilitas penduduk yang dikumpulkan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat UI menunjukan angka lonjakan orang di rumah hingga 60 persen," terang Anies dalam sebuah sesi diskusi daring, Sabtu (16/5/2020).

Menurut dia, kemajuan penanganan terhadap Covid-19 amat ditentukan dari partisipasi masyarakat  untuk mentaati berbagi anjuran pemerintah, tak terkecuali anjuran untuk tetap berada di rumah.

Anies mengaku belum puas jika angkanya masih berada di 60 persen saja. Pihaknya menargetkan agar masyarakat Jakarta yang melakukan aktivitas di dalam rumah angkanya hingga 80 persen.

"Nah yang 20 persen ini orang-orang yang berkegiatan esensial, bidang pangan, kesehatan energi, telecommunication, finance itu 20 persen," harap Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Signifikan

Menurut Anies, dengan angka orang yang mematuhi anjuran stay at home 60 persen saja, ia melihat ada perkembangan yang cukup signifikan akan pengurangan jumlah orang yang melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya pengguna angkutan umum di Jakarta.

"MRT itu penumpangnya tinggal 5 persen, praktis gak ada yang naik MRT itu. Gak sampai 5 ribu orang per hari, padahal biasanya 100 ribu orang per hari," paparnya.

Kereta api atau KRL juga sama, kendati masih terlihat padat, kata Anies moda angkutan itu sudah menurun paling tidak tinggal 10 hingga 15 persen saja. Transjakarta juga demikian.

"Ini menggambarkan masyarakat secara umum taat, tapi ada yang masih 40 persen bepergian nih. Ini yang kami harapkan saya ingin minta pada semua yuk kita tuntaskan," imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19