Sukses

Nilai Bansos Tahap Dua di DKI Jakarta Naik Jadi Rp 300 Ribu, Ini Isi Paket Sembakonya

Saat pendistribusian bansos tahap satu, warga Jakarta hanya menerima paket sembako senilai Rp 149.500.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Ika Yuli Rahayu menyatakan, nilai satu paket bantuan sosial (bansos) sembako tahap dua mengalami kenaikan.

Dia menyebut, secara keseluruhan nilai satu paket sembako bansos tahap dua tersebut sebesar Rp 300 ribu.

"Total nilai paket Rp 275 ribu, ongkos peralatan dan kardus. Delivery, packaging Rp 25 ribu," kata Ika saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (14/5/2020).

Saat pendistribusian bansos tahap satu, warga Jakarta hanya menerima paket sembako dengan nilai Rp 149.500.

Paket Sembako Bansos Tahap Dua. (Dok Dinsos DKI)

Sementara paket sembako bansos tahap dua dengan besaran Rp 275 ribu terdiri dari 2 karung beras @5kg, biskuit satu kaleng, empat buah makanan kaleng (sarden), minyak 2 liter, terigu 1 kilogram, dan dua bungkus bihun.

"Total keseluruhan dengan biaya ongkir dan sebagainya Rp 300 ribu," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Didistribusikan di Jaktim

Pemprov DKI Jakarta mulai mendistribusikan sejumlah paket bantuan sosial (bansos) tahap dua ke beberapa wilayah di Jakarta Timur.

Kepala Divisi Perkulakan Retail Distribusi PD Pasar Jaya, Edison Sembiring menyatakan, pendistribusian paket bansos tersebut sudah dilakukan mulai pukul 10.00 WIB.

"Hari ini kami mendistribusikan di RW atau kelurahan yang ada di Kecamatan Pasar Rebo dan Kecamatan Cipayung," kata Edison saat dihubungi, Kamis (14/5/2020).

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya telah bersepakat dengan Kementerian Sosial (Kemensos) mengenai data penerima bantuan sosial (bansos) tahap kedua.

Dia menyebut dari jumlah total 2.153.196 kepala keluarga (KK), sebanyak 853.196 KK akan diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami sudah rapat dengan Kemensos, alhamdulillah pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk 1,3 juta KK, sisanya 853.196 keluarga akan dibantu Pemprov DKI," kata Riza saat dikonfirmasi, Rabu (13/5/2020).

Selain itu kata dia, untuk pendistribusian akan dilakukan berdasarkan wilayah dan dilakukan waktu yang bersamaan. Kendati begitu, Riza belum dapat memastikan besaran paket bansos yang akan diterima masyarakat.

"Kami mengatur jumlahnya sama, besaran nilainya, waktunya sama, tempatnya diatur yang berbeda zonanya," jelas Riza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.