Sukses

Jubir Yurianto: 6.300 Cartridge Dikirim ke 64 Rumah Sakit di Indonesia

Yuri menyebut, cartridge digunakan untuk melakukan tes cepat molekuler atau TCM. TCM ini membantu melengkapi pemeriksaan selain menggunakan PCR real-time.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan 6.300 cartridge ke 64 rumah sakit di 64 kabupaten/kota dan 30 provinsi.

"Sehingga sekarang kabupaten Yapen mampu memulai pemeriksaan Covid-19 secara mandiri dengan menggunakan mesin TCM," ungkap Yurianto dalam konferensi pers daring, Rabu (13/5/2020).

Yuri menyebut, cartridge digunakan untuk melakukan tes cepat molekuler atau TCM. TCM ini membantu melengkapi pemeriksaan selain menggunakan PCR real-time.

"Hal yang sama juga kita tingkatkan dengan mesin PCR yang selama ini kita gunakan untuk melakukan pengukuran viruload pada HIV Aids," ungkapnya.

Yuri mengatakan bahwa mesin ini juga sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Di DKI Jakarta sendiri, kata Yuri viruload HIV telah mampu melakukan 2.592 tes di dua rumah sakit.

"Di DIY kita tambahkan 480 tes, di Jawa Timur 780 tes, NTT di Kota Kupang kita tambahkan 480 tes," ucap Yurianto.

Sementara di Papua, lanjut Yuri ditambahkan 1.440 tes. Hal ini berarti bahwa semakin banyak peralatan saat ini untuk tes Covid-19.

"Kami juga sudah menyebarkan ini ke beberapa kota di Sumatera, khususnya di Nias, Kalimantan Tengah, di Papua, Papua Barat, NTT termasuk di Maluku Utara," tandas Yurianto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.