Sukses

MUI Rapat Daring Bahas Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, MUI tengah membahas soal salat Idul Fitri berjamaah di tengah pandemi Corona.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, MUI tengah membahas soal salat Idul Fitri berjamaah di tengah pandemi Corona. Rapat tersebut dilakukan hari ini, Rabu (13/5/2020) dan dilakukan secara daring.

"Hari ini ada rapat soal tata pelaksanaan salat Idul Fitri dengan Komisi Fatwa, rapat lewat daring," singkat dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Dia menambahkan, rapat diikuti oleh oleh 41 anggota MUI, Pimpinan Komisi Fatwa dan dirinya sendiri selaku Sekretaris Komisi Fatwa MUI.

"Saya yang mimpin bersama pak ketua," jelas Asrorun.

Dia menambahkan, prinsip yang dianut MUI, salat berjamaah di tengah pandemi Corona tetap harus mengacu pada fatwa yang sempat dirilisnya beberapa pekan kemarin. Ini tak hanya berlaku untuk salat Idul Fitri.

"Fatwa MUI sebagai pedoman," kata Asrorun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jika Pandemi Tak Mereda

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi tengah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Presiden Joko Widodo, terkait rencana salat Idul Fitri berjamaah ini. Hal ini diungkap oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Menurut dia, jika pandemi Corona belum mereda, maka tidak akan dilakukan salat Idul Fitri berjamaah. 

"Kalau bahaya atau ancaman sudah tidak ada, bisa saja salat dilakukan. Tapi manakala masih terdapat ancaman atau bahaya covid, maka ibadah salat Id berjemaah tentunya ini tidak dilakukan," kata Doni dalam jumpa pers, Selasa 12 Mei 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.