Sukses

Ketua Gugus Tugas Sebut Obat Corona dari Gubernur NTT hanya Tingkatkan Stamina

Gugus tugas telah menanyakan obat tersebut ke dokter yang menangani Corona apakah obat tradisional itu bisa digunakan dalam mengobati pasien Covid-19 atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo memberikan apresiasi pada Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menemukan obat tradisional untuk infeksi virus Corona. Namun, dia menjelaskan obat yang telah diterima dari Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, adalah ramuan untuk meningkatkan stamina.

"Adapun yang sudah kami terima termasuk juga dari Gubernur NTT, lebih kepada upaya untuk meningkatkan stamina," jelas Doni dalam siaran teleconference, Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan, agar obat-obat tradisional tersebut harus diuji secara klinis. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan keyakinan masyarakat terhadap obat itu dalam meningkatkan stamina pasien Coronal.

"Obat-obat yang sudah kami terima sekali lagi, tidak semuanya melalui proses klinis, tapi kami menawarkan kepada para dokter apakah ini boleh digunakan dan dari hasil penilaian dokter di RS apabila obat-obat, sebenarnya bukan obat, ini lebih kepada ramuan tradisional," ungkap Doni.

Pihaknya pun sedang menunggu hasil uji klinis beberapa obat tradisional yang sudah ditemukan. Jika sudah melakukan tahap tersebut nantinya akan dicoba untuk para pasien Corona.

"Manakala formulasi dari ramuan tradisional ini tidak ada yang membahayakan kesehatan pasien ada yang sudah diuji coba. Adapun keberhasilan lebih lanjut kami masih tunggu dari RS," jelas Doni.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Klaim

Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, mengklaim telah menemukan obat tradisional yang mampu menyembuhkan Covid-19. Bahkan katanya, temuan itu sudah dia komunikasikan dengan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo.

"Pemerintah NTT telah mengirim ramuan obat tradisional itu kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo guna membantu menyembuhkan pasien positif Covid-19," kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, seperti dilansir Antara, Senin 11 Mei 2020.

Dia mengatakan, penelitian terhadap obat ini akan terus dilakukan karena mampu menyembuhkan Covid-19. "Kami sudah kirim ke Jakarta untuk digunakan dalam menyembuhkan pasien COVID-19," kata Viktor didampingi Wakil Gubernur NTT, Josep A Nae Soi.

Viktor menyebutkan ramuan tradisional yang dia maksud sering digunakan warga NTT menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

"NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk Covid-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien COVID-19," ucapnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.