Sukses

Gugus Tugas: Kasus Corona Turun Hampir di Semua Daerah yang Terapkan PSBB

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menjelaskan, hampir semua provinsi yang menerapkan PSBB selama pandemi Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menjelaskan, hampir semua provinsi yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi Corona, mengalami penurunan jumlah pasien rawat inap. Salah satunya DKI Jakarta.

"Hampir semua provinsi yang PSBB mengalami penurunan pasien rawat inap signifikan kemarin sudah kami sampaikan di DKI di bawah 60 persen. Artinya, pasien dirawat di RS rujukan turun signifikan," kata Doni usai rapat terbatas bersama Jokowi, Selasa (12/5/2020).

Tidak hanya di DKI Jakarta, lanjut dia, kasus Corona di Sumatera Barat juga turun. Salah satunya di RSUP Jamil Padang yang kini merawat 46 orang dari awalnya 112 orang.

Kasus Corona di Jawa Barat juga turun, RS Hasan Sadikin kini hanya merawat 30 orang dari kapasitasnya yang berjumlah 135 tempat tidur.

"Ini menunjukkan kabar gembira. Karena minggu 1-3 status darurat kesehatan RS di Pulau Jawa meningkat sehingga banyak yang tidak dapat perawatan," jelas Doni.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi

Menurut Doni, Presiden Jokowi mengingatkan soal peningkatan arus balik di daerah lain. Dia meminta agar gugus tugas dan kepala daerah waspada akan hal ini.

Jokowi juga mengapresiasi kepala daerah yang sudah bekerja keras untuk tekan penyebaran Covid-19.

"Presiden mengingatkan waspada arus balik dari daerah lain," jelas Doni.

Kemudian, dalam dua minggu terakhir sebelum lebaran, Jokowi minta agar seluruh daerah tetap menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya sebelum tetapi sesudah hari raya pun masyarakat haru tetap mematuhi peraturan.

"Dinamika setelah selesai lebaran sangat tergantung perkembangan yang terjadi di semua daerah khususnya kesungguhan kita semua mematuhi protokol kesehatan dalam 2 minggu terakhir," kata Doni.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.