Sukses

Jokowi Sebut Ada Kemajuan Signifikan dalam Pengujian Plasma Darah untuk Obati Covid-19

Jokowi berharap vaksin corona yang sesuai dengan Indonesia dapat segera ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut ada kemajuan signfikan terhadap penelitian untuk menemukan vaksin dan obat virus corona (Covid-19). Salah satunya yakni, terapi plasma darah yang dapat menyembuhkan pasien positif corona.

"Saya melihat sudah kemajuan yang signifikan dalam pengujian plasma. Yang rencananya ini akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit," kata Jokowi saat memimpim rapat terbatas melalui video conference, Senin (11/5/2020).

"Juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," sambungnya.

Bukan hanya itu, Jokowi mengungkapkan kemajuan signifikan juga terjadi terhadap penelitiam genome sequencing. Dia pun berharap agar vaksin corona yang sesuai dengan Indonesia dapat segera ditemukan.

"Ini tahapan yang sangat penting dalam menuju tahap berikutnya untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita," jelas Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Hasil Riset

Untuk itu, dia meminta agar seluruh pihak mendukung hasil riset dan inovasi-inovasi yang ditemukan dalam rangka penanganan corona. Misalnya, dengan memudahkan proses perizinan.

"Proses-proses perizinan dilakukan cepat dan dan juga disambungkan dengan industri. Baik itu BUMN maupun swasta," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.