Jokowi Sebut Ada Kemajuan Signifikan dalam Pengujian Plasma Darah untuk Obati Covid-19

Oleh Lizsa Egeham pada 11 Mei 2020, 11:39 WIB
Diperbarui 11 Mei 2020, 11:48 WIB
Jokowi Pimpin Rapat Terbatas
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut ada kemajuan signfikan terhadap penelitian untuk menemukan vaksin dan obat virus corona (Covid-19). Salah satunya yakni, terapi plasma darah yang dapat menyembuhkan pasien positif corona.

"Saya melihat sudah kemajuan yang signifikan dalam pengujian plasma. Yang rencananya ini akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit," kata Jokowi saat memimpim rapat terbatas melalui video conference, Senin (11/5/2020).

"Juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," sambungnya.

Bukan hanya itu, Jokowi mengungkapkan kemajuan signifikan juga terjadi terhadap penelitiam genome sequencing. Dia pun berharap agar vaksin corona yang sesuai dengan Indonesia dapat segera ditemukan.

"Ini tahapan yang sangat penting dalam menuju tahap berikutnya untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita," jelas Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Dukung Hasil Riset

Untuk itu, dia meminta agar seluruh pihak mendukung hasil riset dan inovasi-inovasi yang ditemukan dalam rangka penanganan corona. Misalnya, dengan memudahkan proses perizinan.

"Proses-proses perizinan dilakukan cepat dan dan juga disambungkan dengan industri. Baik itu BUMN maupun swasta," tutur Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓