Sukses

Fakta-Fakta Youtuber Ferdian Paleka Ditangkap di Tol Tangerang-Merak

Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara PJR dengan mobil yang dikendarai Ferdian Paleka di Tol Tangerang-Merak, arah Banten menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Sempat dicari polisi, Youtuber Ferdian Paleka berhasil ditangkap di Tol Tangerang-Merak, di KM 19 dari Merak menuju Jakarta, Kamis, 7 Mei 2020, sekitar pukul 23.30 WIB.

Saat diamankan dia bersama dua orang lainnya. Salah satunya adalah pakde atau paman dari Ferdiansyah sendiri.

"Tim Jatanras Polda Jabar berhasil mengamankan tiga orang yaitu Ferdiansyah alias F, Aidil alias A dan Jamaludin Alias J (Pakdenya si F)," katanya kepada merdeka.com, Jumat (8/5/2020).

Diketahui, Ferdian Paleka adalah YouTuber yang dianggap telah melecehkan waria lewat video yang berjudul berjudul 'PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL'. Video tersebut diunggah pada Minggu, 3 Mei 2020 dan viral di media sosial.

Dalam video tersebut, Ferdian dan dua rekannya membawa kardus mie instan dalam sebuah mobil. Bukannya berisi makanan layak yang ada di dalam kardus, mereka malah menggantinya dengan sampah, lalu membagikannya ke waria yang mereka cari di jalanan Kota Bandung.

Berikut sederet fakta ditangkapnya Ferdian Paleka, Youtuber yang ngeprank lewat paket sembako diisi sampah: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ditangkap di Tol Tangerang-Merak

Penangkapan Ferdian Paleka dibenarkan oleh Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto saat dihubungi Liputan6.com.

"Iya betul. Cuma kan kita bantu nangkep saja," ungkapnya.

Ipda Giyarto juga menuturkan, bila Ferdian ditangkap di dalam Tol Tangerang-Merak, atau tepatnya di KM 19 yang masih masuk kawasan Tangerang Kota. Ferdian berhasil diamankan Kamis 7 Mei 2020 sekitar pukul 23.30 WIB.

Kemudian, setelah berhasil diamankan, Ferdian langsung dibawa ke Mapolda Jabar untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Kita bantu nangkep saja," katanya.

3 dari 7 halaman

Diburu di Bogor

Seperti diketahui sebelumnya Youtuber kontroversi Ferdian Paleka melarikan diri dari rumahnya di Baleendah, Kabupaten Bandung, setelah videonya yang ngeprank paket sembako diisi sampah, beredar di masyarakat.

Polisi sempat terkecoh saat melakukan pengejaran ke Bogor, yang ternyata di mobil tersebut bukanlah Ferdian, melainkan bapak kandungnya.

Hingga akhirnya, polisi berhasil menangkap Youtuber tersebut di Tol Tanger ang-Merak.

4 dari 7 halaman

Aksi Kejar-Kejaran di Tol

Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara PJR dengan mobil yang dikendarai Ferdian di Tol Tangerang-Merak, arah Banten menuju Jakarta.

"Sempat kejar-kejaran, dari sekitar KM 21 atau 22 gitu. Baru dia mau diberhentikan," ungkap Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

Setelah berhasil diberhentikan, Ferdian langsung dibawa dan diamankan ke Mapolda Jabar, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kita bantu nangkep saja," kata Ipda Giyarto.

Namun, saat ditanya di dalam mobil tersebut Ferdian Paleka bersama siapa, Giyarto enggan menjelaskan lebih lanjut.

5 dari 7 halaman

Ditangkap Bersama 2 Orang Lainnya

Pengejaran juga dilakukan dengan menggunakan pengeras suara, memperingatkan berkali-kali, agar mobil yang ditumpangi Ferdian Paleka tersebut menepi.

Petugas terus memepet mobil sedan tersebut, sembari terus membunyikan sirene dan peringatan melalui pengeras suara.

"Diteriaki pakai toa, sebagai shock terapi juga, baru di KM 19 tepatnya sebelum exit tol Tangerang, mobil tersebut menepi," tutur Ipda Giyarto.

Setelah mobil berhenti dan menepi, barulah tim yang dipimpin langsung oleh Wadirkrimum Polda Jabar, mengamankan Ferdian.

Dia tidak sendiri, di dalam mobil ternyata ada dua orang pria yang turut dalam pelarian Ferdian Pelaka.

"Dalam penangkapan tersebut tidak ada perlawanan. Lalu oleh petugas keempatnya dibawa ke Polsek Tangerang, wilayah hukum terdekat," ungkap Ipda Giyarto.

6 dari 7 halaman

Lesu Usai Ditangkap

Youtuber Ferdian Paleka akhirnya ditangkap polisi setelah diburu terkait kasus aksi prank sampah. Dia dicokok di Tol Merak - Tangerang usai melarikan diri dari Banten.

Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri Ipda Giyarto menuturkan, penangkapan Ferdian berjalan tidak mulus. Mobil yang ditumpanginya sempat terus berjalan kendati sudah diminta berhenti. Aksi kejar-kejaran di tol pun sempat terjadi.

Setelah menyerah, dia akhirnya menepi dan berhenti. Polisi yang memburu sang Youtuber ini langsung menangkapnya. "Kita bantu nangkep saja," ujar Ipda Giyarto.

Usai itu, Ferdian beserta temannya dibawa ke Resort Metro Tangerang Kota. Kemudian mereka pun langsung digelandang ke Mapolda Jabar.

7 dari 7 halaman

Pelarian Dibantu Keluarga

Kasat Reskrim Polres Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, Ferdian diamankan beserta dua orang lainnya. Di mana salah satunya adalah pakde dari Ferdiansyah.

"Tim Jatanras Polda Jabar berhasil mengamankan 3 orang yaitu Ferdiansyah alias F, Aidil alias A dan Jamaludin Alias J (Pakdenya si F)," katanya kepada merdeka.com, Jumat (8/5/2020).

Galih mengungkapkan, Ferdian Paleka dan lainnya diamankan usai keluar dari Pelabuhan Merak sekitar pukul 01.00 WIB.

"Target diamankan di Tol Jakarta-Merak daerah Tangerang, setelah keluar Pelabuhan Merak sekira pukul 01.00 WIB, kini para tersangka sementara dibawa ke Ditreskrimum Polda Jabar," kata Galih.

Dari kasus ini, polisi telah berhasil amankan empat orang pelaku. Di mana seorang pelaku lainnya lebih dulu menyerahkan diri ke kantor polisi.

"Kasus prank sudah diamankan semua, selain inisial T yang sudah dulu diamankan tim Sat Reskrim Polrestabes Bandung," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.