Sukses

Gugus Tugas Covid-19: Perhatikan Gizi Agar Imunitas Terjaga

Memperbanyak asupan makanan seperti buah dan mengonsumsi sayuran di tengah pandemi Covid-19 dinilai sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara agar menjaga imunitas tubuh tetap sehat di tengah pandemi Corona Covid-19, memperbanyak asupan makanan seperti buah dan mengonsumsi sayuran saat ini dinilai sangat penting.

Hal itu diungkap oleh tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Niken Salindri. Dia mengajak masyarakat Indonesia memanfaatkan keragaman pangan untuk variasi bahan pangan di rumah yang bergizi baik.

"Jadi usahakan tetap bervariasi makanannya, sumber gizinya seperti karbohidrat dan proteinnya," kata Niken dalam konferensi video di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Niken meyakini, variasi asupan pangan yang dimakan per individu turut mempengaruhi ketahanan pangan secara nasional.

Selain itu, menurut Niken, variasi makanan dapat membuat menu masakan di rumah jauh lebih beragam dan menarik.

"Jadi tidak harus cuma makan nasi saja terus menerus, tapi bisa diganti jagung. Jagung termasuk makanan pokok pengganti nasi di Nusa Tenggara Timur. Kemudian, sagu merupakan makanan pokok di Papua," jelasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gizi Seimbang

Niken mengatakan, gizi seimbang dengan asupan seperti protein, karbohidrat, lemak, sayur dan buah juga harus dibarengi dengan minum air untuk kebutuhan sehari-hari.

Senada, Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan mengimbau masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah.

"Hal ini mempertahankan sistem kekebalan tubuh, masyarakat harus memperhatikan gizi seimbang," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Dia mengatakan, tidak hanya protein saja karbohidrat juga penting, tetapi juga sayur dan buah yang kadang-kadang memang orang Indonesia itu sedikit mengkonsumsinya.

"Ini kita anjurkan sayur dan buah itu tolong diperhatikan," tuturnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.