Ribuan Warga Ikuti Festival Dolanan bareng Erick Thohir di Tangerang Selatan

Oleh Liputan6.com pada 03 Jul 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 22:45 WIB
Ribuan Warga Ikuti Festival Dolanan bareng Erick Thohir di Tangerang Selatan
Perbesar
Ribuan Warga Ikuti Festival Dolanan bareng Erick Thohir di Tangerang Selatan. (Liputan6.com/Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga mengikuti Festival Dolanan Tradisional yang diadakan oleh Yayasan Erick Thohir, Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banteen, Minggu (3/7/2022).

Salah satu pengunjung bernama Ramdani menyambut baik adanya festival dolanan tradisional. Menurutnya, pengenalan permainanan tradisional itu agar mengurangi anak-anak dari gadget.

"Saya senang Pak, banyak manfaatnya. Bisa memperkenalkan anak-anak juga ke permainan tradisional di Indonesia. Apa lagi sebentar lagi mau Agustusan," ujar Ramdani beserta keluarga ke acara Festival Dolanan Tradisional, Minggu (3/7/2022).

Saat tiba di arena permainan tradisional, Menteri Badan Usaha Milik Negara atau Menteri BUMN Erick Thohir senang masyarakat terlihat antusias ikut bermain.

"Ayo, tarik tambangnya yang kuat," kata Erick saat melihat permainan tarik tambang yang dimainkan ibu-ibu disampaikan melalui keterangan tertulis.

"Tarikk, Erick Thohir," teriak para ibu-ibu, yang menarik tambang seraya meneriakkan nama Erick Thohir.

Dalam festival tersebut masyarakat mengikuti lomba-lomba seperti galasin, ular-ularan, lompat karet, taplak gunung, tarik tambang, bakiak, egrang, dan lari batok.

Tak hanya itu, selain lomba, juga ada hiburan musik yang dimeriahkan oleh band asal Kampung Sawah, Rangkas Bitung, Banten yakni Momonon.

 


Erick Thohir Senang Ada Investor di IKN

Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi proses PKPU Garuda Indonesia.
Perbesar
Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi proses PKPU Garuda Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan ketertarikan para investor dan pengusaha Uni Emirat Arab (UEA) untuk berinvestasi di Indonesia.

Hal ini Erick sampaikan saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berdialog dengan sejumlah investor dan pengusaha di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, UEA, Jumat 1 Juli 2022.

"Alhamdulillah tadi pertemuan Bapak Presiden dengan beberapa perusahaan investasi dari Abu Dhabi, mereka sangat optimistis bekerja sama dalam beberapa proyek yang bisa disinergikan antara UAE, dengan Indonesia," ujar Erick, dikutip Sabtu 2 Juli 2022.

Para pengusaha dan investor yang hadir dalam pertemuan dengan Jokowi antara lain National Security Advisor Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan, CEO Abu Dhabi Holding Mohamed Hassan Al Suwaidi, dan Executive Director Lulu Group Ashraf Ali.

Erick menyebut ada empat poin yang menjadi pembahasan utama dalam pertemuan tersebut yakni kerja sama di bidang logistik udara, ibu kota Nusantara (IKN), pembangunan wisata laut dalam konteks ekonomi biru, dan perbandingan kebijakan keuangan Indonesia dengan banyak negara.

Erick menilai UEA dan Indonesia bisa menjadi mitra yang saling menguntungkan di tengah ketidakpastian rantai pasok dan logistik dan rantai pasok dunia.

Erick mengatakan Indonesia merupakan pusat rantai pasok lantaran dikenal kaya akan sumber daya alam seperti energi hingga pangan.

"Secara bersamaan UAE ini bisa menjadi jendela untuk Indonesia untuk melakukan transaksional dari barang-barang kita ke luar negeri. Ini juga jadi bagian pembukaan lapangan kerja yang sangat besar untuk Indonesia dan tentu bagaimana kita bisa memaksimalkan kerja sama ekonomi," sambung Erick.

 


Pembangunan IKN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir memberikan bantuan program kepada warga Johar Baru, Jakarta Pusat sebagai cara meminimalisir tawuran yang sering terjadi.
Perbesar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir memberikan bantuan program kepada warga Johar Baru, Jakarta Pusat sebagai cara meminimalisir tawuran yang sering terjadi. (Liputan6.com/Istimewa)

Terkait IKN, lanjut Erick, Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi dan penduduknya yang pesat memang perlu membuat ibu kota baru. Erick memandang pemerintah perlu menyiapkan kota masa depan untuk penduduk yang saat ini mayoritas berusia muda.

“Tidak mungkin 50 juta usia muda Indonesia itu harus masuk ke kota-kota yang sudah tua. Tentu dengan sistem dari teknologi terbarukan tentu kita harus menyiapkan kota masa depan. UAE sendiri, Abu Dhabi sangat optimistis melihat ini sesuatu yang baik karena melihat percontohan kota-kota besar di dunia yang sekarang menjadi juga pusat pertumbuhan ekonomi masing-masing negaranya," ucap Erick.

Jokowi, lanjut Erick, juga memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan wisata laut yang mengedepankan ekonomi. Hal ini bertujuan agar pembangunan ekonomi biru tersebut dapat turut menjaga alam Indonesia dan tidak sekadar mengeksploitasinya.

"Kita mempunyai Raja Ampat, mempunyai juga ada yang namanya Komodo yang sangat dilindungi. Nah ini sekarang kita coba melihat bagaimana membangun peta biru secara menyeluruh, wisata laut kita yang friendly atau sangat bersahabat dengan alam dan juga dengan industri cruise atau wisata dengan kedekatan kepada kekeluargaan. Jadi bukan sekadar entertainment dan tourism,” ucap Erick.

Mengenai perbandingan kebijakan keuangan Indonesia dengan banyak negara, Erick menyebu hal itu dilakukan agar Indonesia bisa lebih kompetitif dan bisa terus menjaring investasi sebagai pertumbuhan lapangan kerja.

"Tentu ekonomi Indonesia yang hari ini sangat tumbuh baik dan semua negara mengapresiasi itu," kata Erick.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya