Sukses

Rekind Berdayakan Mitra Binaan Cegah Covid-19

Dukungan yang diberikan Rekind sejalan dengan pemerintah yang saat ini terus mendorong pelaku UMKM di Indonesia untuk tetap bisa eksis

Liputan6.com, Jakarta - PT Rekayasa Industri (Rekind) perusahaan EPCC (Engineering, Procurement, Construction, Commisioning) Nasional, terus mengedepankan sinergi dengan mitra-mitra binaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam melaksanakan kegiatan CSR di tengah wabah pandemi Covid-19 saat ini.

Rekind menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai dukungan kepada pemerintah dalam mencegah penyebaran Corona Virus Deseas (Covid) 19 di Tanah Air. Kegiatan tersebut meliputi pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis, penyediaan portable handwash, dan pembagian masker bagi masyarakat di sejumlah wilayah.

"Selain memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan membantu masyarakat, inisiasi program ini diharapkan mampu meringankan beban yang dihadapi mitra binaan Rekind. Semoga semangat usahanya terus bangkit dan mampu menjadi pahlawan ekonomi dari sektor UMKM," terang Direktur Utama Rekind, Yanuar Budinorman dalam keterangannya, Kamis (30/4/2020).

Dukungan yang diberikan Rekind sejalan dengan pemerintah yang saat ini terus mendorong pelaku UMKM di Indonesia untuk tetap bisa eksis dalam situasi seperti sekarang. Presiden Jokowi sendiri telah menyiapkan langkah strategis untuk memitigasi dampak Covid-19 terhadap usaha UMKM.

Langkah ini penting, karena pelaku UMKM dikenal punya mental baja dan tahan banting dalam menggeluti usaha. Bahkan, di tengah kelesuan perekonomian dan kehati-hatian pengusaha asing, tidak tertutup kemungkinan UMKM menjadi garda terdepan dalam pemenuhuan kebutuhan masyarakat di dalam negeri.

Program CSR salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu sengaja membangun kerjasama dengan mitra binaannya yang inovatif dan kreatif. Satu diantaranya menggandeng pengusaha konveksi untuk bisa mewujudkan kelangkaan pakaian APD yang saat ini begitu sulit diperoleh. Melalui kerjasama, bimbingan dan dukungannya, mitra binaan Rekind mampu membuat pakaian APD berkualitas, sesuai dengan standar WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

"Alhamdulillah berkat dukungan yang diberikan Rekind, kami kebanjiran order, baik itu dari kalangan rumah sakit, partai hingga sejumlah perusahaan BUMN. Semoga dukungan ini akan terus membangkitkan semangat kami untuk tetap berjuang guna ikut serta menggerakkan roda perekonomian bangsa," sergah Sutisna pemililk konveksi.

Adeline, pengusaha konveksi di wilayah Jakarta Barat juga mengaku mendapat berkah tersendiri atas dukungan yang diberikan Rekind. Pengusaha pakaian jadi yang mengaku tengah concern mengembangkan usaha pembuatan masker kain dan pelindung wajah kelengkapan APD ini mengaku usahanya ikut terdongkrak naik. "Alhamdulillah di tengah situasi yang cukup sulit ini, kami bisa bertahan dengan cepat melakukan inovasi usaha. Terima kasih atas dukungan yang diberikan Rekind kepada kami," tambahnya bangga.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Sembako

Selain dukungan kepada mitra binaan, Rekind juga berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak dari mewabahnya Covid-19 ini, dengan mewujudkan program bantuan sembako dan handsanitizer di 3 RW di wilayah Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan. Peruntukannya dikhususkan bagi 1.430 kepala keluarga di wilayah tersebut.

Sementara di Bojonegoro, Rekind mendonasikan 100 Rapid Test Kit ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro pada 29 April 2020. Bantuan tersebut diterima langsung Kepala Dinkes Bojonegoro, Ani Pudjiningrum, di kantor Dinkes Bojonegoro.

Penyerahan bantuan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya pada 15 April 2020 juga telah menyerahkan bantuan sejumlah 100 Rapid Test Kit.

Rekind juga membagikan hand sanitizer, alat semprot desinfektan dan sarung tangan serta makanan dan minuman untuk menjaga stamina Tim Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 di Bojonegoro.

Pembagian tersebut dilakukan di 5 Kecamatan, yaitu; Ngasem, Gayam, Kalitidu, Purwosari, dan Tambakrejo.

"Semoga apa yang kami lakukan ini mampu meringankan beban yang dihadapi masyarakat dan bisa menekan penyebaran virus," ujar Yanuar Budinorman penuh harap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rekind adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi, teknik dan pengadaan barang untuk melayani pabrik industri skala besar,

    Rekind

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19