Sukses

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Serta Petir Jelang Awal Mei 2020

Analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi beberapa hari ke depan dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami periode peralihan musim (pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau.

BMKG memprediksikan awal musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi mulai Mei 2020.

"Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi beberapa hari ke depan dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah," kata Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Herizal  dalam keterangan resminya yang diterima Liputan6.com, Rabu (29/4/2020). 

Menurutnya kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi)

"Diperkirakan dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah," ungkap Herizal. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periode 27-30 April 2020, Hujan Lebat

Periode 27-30 April 2020, wilayah yang diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai petir atau kilat adalah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hal serupa juga diperkirakan bakal terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

"Untuk periode 1-3 Mei 2020, sejumlah daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai petir adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ditambah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua," sebutnya. 

Untuk itu masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Contohnya seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir dan hujan es.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.