Sukses

Pulangkan TKI, Menhub Siapkan 6 Klaster Penerbangan ke Indonesia

Budi mengatakan, pemerintah tengah mengurus 150 pekerja migran Indonesia di luar negeri untuk dipulangkan ke tanah air.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyiapkan enam klaster penerbangan untuk memulangkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke tanah air. Pemulangan TKI nantinya disiapkan dari Amerika Serikat, Jepang, Korea, China, Timur Tengah, dan Eropa. 

Budi Karya mengatakan saat ini pemerintah tengah mengurus 150 pekerja migran Indonesia di luar negeri untuk dipulangkan ke tanah air.

Dia menegaskan bahwa pemerintah hanya akan menyediakan satu penerbangan menuju Jakarta.

"Kita hanya menyediakan 1 tempat penerbangan menuju Jakarta. Nanti di Jakarta silakan protokol kesehatan," ujar Budi Karya dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin (27/4/2020).

Menurut dia, KBRI bertugas membawa TKI ke satu titik pemberangkatan yang sudah disiapkan. Budi Karya mengaku telah berkooordinasi dengan Menteri Luar Negeri agar kepulangan TKI hanya di satu titik.

"Saya sudah intensif bicara dengan Menlu, just in case 3 hari akan dilakukan terutama China sudah jalan. Tpi saya minta 1 titik saja, kalau titiknya banyak nanti komplikasi," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi Satu Pintu

Budi Karya memastikan akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait prosedur pemulangan TKI. Termasuk, koordinasi ke Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo agar kepulangan TKI benar-benar hanya melalui satu pintu saja.

"Saya mengusulkan Pak Doni agar satu pintu saja, jangan dibiarkan orang itu dari pintu ke pintu," tutur Budi Karya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.