Sukses

Pasien 03 Corona yang Sembuh Sumbang Plasma Darah untuk Obat Covid-19

Ratri menjalani proses donor plasma darah di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Ratri Anindyajati, pasien 03 yang berhasil sembuh dari virus corona mendonorkan plasma darahnya untuk penelitian vaksin Covid-19. Dia pun membagikan upayanya itu di akun Instagram pribadinya @ratrianindya pada Sabtu 18 April 2020 lalu.

Dikutip dari akun tersebut, Minggu (27/4/2020), Ratri menjalani proses donor plasma darah di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dia didampingi oleh sang Ibu dan kakaknya.

"Yaaayy I did it. Proses pengambilan plasma darahku berhasil dengan lancar dan ternyata enggak sebegitu menyeramkannya loh, hehehe. I know, aku katro banget karena penakut banget sampai Ibu harus pegangin tangan sebelah kiri supaya aku tenang dan santai," tutur Ratri menunjukkan rasa leganya.

Menurut Ratri, total ada 200 cc plasma darahnya yang diambil dan memakan waktu hampir 1 jam. Petugas medis menggunakan alat khusus sehingga dapat menyaring plasma darah yang berwarna putih kekuningan dari sel darah merah.

"Ternyata memang sesuai penelitian tentang Covid-19 per hari ini, plasma darah orang yang sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yang sedang terpapar," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Sesama Survivor Covid-19

Ratri kemudian mengajak semua pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 untuk berpartisipasi. Itu menjadi salah satu upaya bersama dalam menangani bencana non-alam ini.

"Untuk teman-teman sesama Covid-19 survivor yang tertarik bisa hubungi aku untuk tanya-tanya atau jika berminat ingin tahu bagaimana prosesnya, bisa juga langung hubungi Unit Transfusi Darah di RSPAD Gatot Subroto," Ratri menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.