Pasien 03 Corona yang Sembuh Sumbang Plasma Darah untuk Obat Covid-19

Oleh Nanda Perdana Putra pada 27 Apr 2020, 15:40 WIB
Diperbarui 27 Apr 2020, 15:51 WIB
3 Pasien Sembuh Covid-19 Diberi Hadiah Jamu dari Jokowi
Perbesar
3 Pasien Sembuh Covid-19 Diberi Hadiah Jamu dari Jokowi. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Ratri Anindyajati, pasien 03 yang berhasil sembuh dari virus corona mendonorkan plasma darahnya untuk penelitian vaksin Covid-19. Dia pun membagikan upayanya itu di akun Instagram pribadinya @ratrianindya pada Sabtu 18 April 2020 lalu.

Dikutip dari akun tersebut, Minggu (27/4/2020), Ratri menjalani proses donor plasma darah di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Dia didampingi oleh sang Ibu dan kakaknya.

"Yaaayy I did it. Proses pengambilan plasma darahku berhasil dengan lancar dan ternyata enggak sebegitu menyeramkannya loh, hehehe. I know, aku katro banget karena penakut banget sampai Ibu harus pegangin tangan sebelah kiri supaya aku tenang dan santai," tutur Ratri menunjukkan rasa leganya.

Menurut Ratri, total ada 200 cc plasma darahnya yang diambil dan memakan waktu hampir 1 jam. Petugas medis menggunakan alat khusus sehingga dapat menyaring plasma darah yang berwarna putih kekuningan dari sel darah merah.

"Ternyata memang sesuai penelitian tentang Covid-19 per hari ini, plasma darah orang yang sudah sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yang sedang terpapar," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Ajak Sesama Survivor Covid-19

Pulih, Pasien Virus Corona Sumbangkan Plasma Darah
Perbesar
Seorang pasien dari pasar makanan laut Huanan yang telah pulih dari coronavirus menyumbangkan plasma di Pusat Darah Wuhan di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, China tengah (17/2/2020). (Xinhua/Cai Yang)

Ratri kemudian mengajak semua pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 untuk berpartisipasi. Itu menjadi salah satu upaya bersama dalam menangani bencana non-alam ini.

"Untuk teman-teman sesama Covid-19 survivor yang tertarik bisa hubungi aku untuk tanya-tanya atau jika berminat ingin tahu bagaimana prosesnya, bisa juga langung hubungi Unit Transfusi Darah di RSPAD Gatot Subroto," Ratri menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓