Mentan Pastikan Ketersediaan Beras hingga Idul Fitri Aman

Oleh Yopi Makdori pada 26 Apr 2020, 16:46 WIB
Diperbarui 26 Apr 2020, 16:48 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
Perbesar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan pangan, khususnya beras, hingga Mei mendatang masih aman terkendali.

Hal ini dilihat dari ketersediaan beras pada bulan Februari lalu yang mencapai tiga setengah juta ton. Sementara perkiraan produksi dari Februari hingga Mei mencapai 12,4 juta ton.

"Kalau begitu ada produksi 14 juta, ada ketersediaan yang di Bulog dan penggilingan ya kurang lebih jadi 15 juta lah," ungkap Syahrul melalui video conference, Minggu (26/4/2020).

Sementara itu, lanjut dia, kebutuhan beras dari Februari hingga Mei mendatang diproyeksikan mencapai kurang lebih 7,6 juta ton.

"Oleh karena itu dari stok yang ada ditambah produksi yang ada, kita makan 7,6 juta maka tersisa 8 juta lebih sisanya. Jadi kita masih overstock 8 juta," kata Syahrul.

Skenario itu, kata dia, merupakan opsi optimistis. Sementara jika mau mengambil skenario pertengahan, maka di Februari ada persediaan beras sekitar 3,5 juta ton.

2 dari 3 halaman

Terkendali dan Aman

"Kemudian produksi kita turunkan 11 juta lebih, kita naikkan 7,9 juta masih tersisa 7 juta stok akhir di bulan Mei itu," ungkap Syahrul.

"Dan Idul Fitri semua terkendali dan aman. Data ini sudah kami validasi sampai ke daerah-daerah," dia menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓