Sukses

Indonesia Terima Bantuan Internasional 77,49 Juta USD Tangani Corona

Namun, lanjut Agus, nilai dukungan yang diterima oleh Kementerian Luar Negeri belum semuanya terealisasi yakni baru sebesar 25,10 juta USD.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan bahwa ada sebanyak sembilan negara yang membantu pemerintah Indonesia meingkatkan percepatan penanganan virus corona atau covid-19.

"Gugus Tugas mencatat per 24 April 2020 sebanyak sembilan negara, sembilan organisasi internasional, dan 70 organisasi non-pemerintah memberikan dukungan untuk penanganan wabah virus Covid-19," tutur Agus di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (26/4/2020).

Agus menyebut, sembilan negara yang terlibat adalah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Amerika Serikat (AS), Singapura, Vietnam, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Uni Emirat Arab. Total nilai bantuan yang diterima Indonesia senilai 77,49 juta USD.

"Dukungan diberikan dengan berbagai bentuk seperti donasi maupun barang atau dukungan teknis. Dari nilai dukungan, tiga pemberi dukungan terbesar itu Uni Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat," jelas dia.

Namun, lanjut Agus, nilai dukungan yang diterima oleh Kementerian Luar Negeri belum semuanya terealisasi yakni baru sebesar 25,10 juta USD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beragam Alat Kesehatan

Adapun organisasi internasional yang memberikan dukungan ke Indonesia adalah WHO, ADB, IAEA, UNDP, IOM, Global Fund, Unicef, IDB dan Uni Eropa. Kemudian organisasi non-pemerintah termasuk lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di 12 negara yaitu RRT, Singapura, AS, Korea Selatan, Vietnam, Perancis, Rusia, Jerman, Jepang, Swedia, Swiss dan Arab Saudi.

"Bantuan material kesehatan yang masuk ke Indonesia di antaranya alat pelindung diri (APD), ventilator, RT-PCR dan reagen, thermometer dan virus transport medium (VTM). Masker, rapid test, dan APD merupakan jenis bantuan paling banyak diterima oleh Indonesia," Agus menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19