Sukses

Anak Positif Corona Covid-19 di Cileungsi Diduga Tertular Ibunya

Ade Yasin tak henti-hentinya mengimbau kepada orangtua untuk melarang buah hatinya beraktivitas di luar rumah.

Liputan6.com, Bogor - Ibu dan kedua anak yang tinggal di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor dinyatakan terpapar Covid-19. Kabar ini viral setelah rekaman video menampilkan penjemputan ketiga pasien oleh petugas kesehatan mengenakan Alat Pelidung Diri (APD) tersebar di media sosial.

Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan, satu keluarga terdiri dari pasangan suami-istri dan dua anaknya yang berusia 4 tahun dan 8 tahun menjalani tes swab di salah satu rumah sakit swasta.

Hasilnya, Ade Yasin menyebut Ibu dan anak terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan, suami atau ayah dari anak tersebut negatif.

Meski negatif, pemerintah Kabupaten Bogor tetap memasukkan ke kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ade Yasin mengatakan, diduga virus Covid-19 ditularkan oleh ibu tersebut ke anak-anaknya.

“Ibu pekerja rumah tangga. Sementara suaminya bekerja di Jakarta, tapi suaminya negatif. Makanya kami menduga anak itu tertular dari ibunya,” ujar dia.

Ade Yasin mengatakan, ketiga pasien itu kemudian dibawa ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran pada 21 April 2020 malam.

Ade Yasin menerangkan, kasus di Cileungsi ini menambah daftar jumlah pasien anak yang positif terjangkit Covid-19. Sebelumnya, pernah ditemukan kasus serupa di daerah Cibinong. “Tapi yang Cibinong sembuh,” ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan untuk Orangtua

Terkait hal ini, Ade Yasin tak henti-hentinya mengimbau kepada orangtua untuk melarang buah hatinya beraktivitas di luar rumah.

“Memang kadang-kadang yang kita khawatirkan ketika ada orang tanpa gejala yang tertular Covid,” ujar dia.

Selain itu, Ade Yasin menambahkan, biasakan membersihkan badan terlebih dahulu jika hendak bermain dengan anak-anak di rumah.

“Terus juga orang tua ketika pulang kerja orang yang masih bekerja sebaiknya sebelum sentuh anak-anak mereka ganti baju langsung mandi setelah bersih baru dia boleh sapa keluarganya,” tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.