Sukses

DPR Desak Pemerintah Siapkan Bahan Pangan Alternatif untuk Antisipasi Dampak Corona

Deddy menjelaskan, semua pihak khawatir dengan kondisi pandemi Covid-19 yang bisa berlangsung panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP, Deddy Yevri Sitorus mendesak pemerintah segera menggerakkan BUMN pangan untuk menambah stok pangan selama masa pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Deddy setelah Presiden Joko Widodo memberikan sinyal pandemi Covid-19 bisa berakhir sekitar Desember 2020.

"Jadi, kita perlu tanam sebanyak mungkin bahan pangan dan mengumpulkan alternatif bahan pangan untuk mengantisipasi jika pandemi Covid-19 ini melanda lebih lama," kata Deddy, Jumat (24/4/2020).

Deddy menjelaskan, semua pihak khawatir dengan kondisi pandemi Covid-19 yang bisa berlangsung panjang. Namun, kekhawatiran itu harus diimbangi dengan melakukan pencegahan agar dampak yang timbul tidak semakin parah.

Dia menambahkan, pemerintah harus segera memobilisasi BUMN pangan agar melakukan aksi alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan. Perum Bulog, kata Deddy, juga harus memenuhi produksi beras dan sekuat tenaga menghindari impor beras.

"Gerakkan BUMN pangan. Tanam jagung sebanyaknya, kentang, talas, singkong, dan lain-lainnya lalu dijadikan stok atau lumbung. Mungkin ini kesempatan agar kita bisa segera mengubah kultur konsumsi beras," ungkap Deddy.

Lanjutnya, pemerintah bisa saja menerbitkan Perppu untuk memaksimalkan usaha memproduksi kebutuhan pangan dan pangan alternatif selama masa pandemi Covid-19.

"Kalau perlu segera buat perppu lumbung pangan, gunakan gudang-gudang koperasi dan lumbung desa untuk menyimpan bahan pangan," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanam Bahan Pangan Alternatif

Kemudian, pemerintah pusat juga harus menggerakkan pemerintah daerah serta TNI untuk melakukan penanaman bahan pangan alternatif. Langkah ini sekaligus mengantisipasi laporan lembaga dunia World Food Program (WFP) tentang lebih dari 1 miliar orang terancam bahaya kelaparan akibat pandemi Covid-19.

"Ingat, kita sudah diingatkan bahwa dunia diambang krisis pangan di mana lebih dari 1 miliar orang terancam bahaya kelaparan," ujar Deddy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meyakini virus corona atau COVID-19 akan berakhir pada akhir tahun ini. Hal ia sampaikan saat memberi arahan dalam rapat terbatas mengenai Mitigasi Dampak COVID-19 terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun. Tahun depan terjadi booming di bidang pariwisata," kata Jokowi, Kamis (16/4/2020).

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.