Sukses

MUI Minta Masyarakat Lebih Serius Hadapi Corona Agar Tak Terjadi Krisis

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mewanti-wanti jika pandemi Corona Covid-19 tak bisa ditekan maka bisa merembet kepada kehidupan ekonomi nasional dan bahkan krisis ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta resmi diperpanjang selama 28 hari, mulai Jumat (24/4/2020). Gubernur DKI Anies Baswedan berharap masyarakat DKI bisa paham dengan segala jenis aturan terkait dan bisa lebih disiplin.

Menyikapi hal itu, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mewanti-wanti jika pandemi Corona Covid-19 tak bisa ditekan maka bisa merembet kepada kehidupan ekonomi nasional dan bahkan krisis ekonomi.

"Ini sudah mulai maraknya PHK dan melemahnya daya beli masyarakat karena mereka sudàh tidak lagi punya pendapatan dan atau kalau mereka masih punya pendapatan," ujar dia lewat keterangan tertulis diterima, Jumat (24/4/2020).

Abbas melanjutkan, bila keadaan ini tidak berhasil diatasi, daya beli masyarakat bisa terus menurun maka akan berpengaruh pada kemampuan pengusaha untuk melakukan investasi.

"Pengangguran meningkat dan pendapatan masyarakat secara agregat tentu akan menurun sehingga angka kemiskinan akan meningkat," ujar Abbas.

Selain ekonomi, Abbas juga memperingati bahwa pandemi Corona juga bisa menciptakan krisis sosial saat stabilitas politik terganggu.

"Tentu tidak mustahil negeri ini akan terseret ke dalam situasi chaos sehingga terjadilah apa yang sangat tidak kita inginkan yaitu krisis politik," lanjut dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Serius Hadapi Corona

Karenanya Abbas berharap, agar kekhawatiran itu tidak terjadi maka dia mengajak umat untuk lebih serius dan bersungguh-sungguh menghadapi masalah Covid-19 ini.

"Mari kita samakan persepsi, tinggalkan dahulu pekerjaan yang belum begitu penting dan mari selamatkan anak bangsa diantaranya dengan memutus mata rantai penularan virus ini," Abbas menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • virus corona