Sukses

Ditemani Orangtua Saat Diisolasi, Kondisi Balita Positif Corona di Riau Stabil

Juru Bicara Bicara COVID-19 Riau Indra Yovi mengatakan balita yang menjadi pasien ke-29 positif Corona di provinsi itu kini dalam kondisi stabil.

Liputan6.com, Pekanbaru - Juru Bicara Bicara COVID-19 Riau Indra Yovi mengatakan balita yang menjadi pasien ke-29 positif Corona di provinsi itu kini dalam kondisi stabil dan sudah bisa ditemani orangtua dalam penanganan medis, meski berbeda dengan penanganan pasien dewasa.

"Kondisinya stabil, penanganannya sesuai dengan umurnya termasuk dosis-dosis obat yang diberikan," kata Indra di Pekanbaru, Selasa (21/4/2020).

Dikatakan, ada pengecualian dalam penanganan pasien balita yang berinisial DYA tersebut.

Orangtua balita berusia dua tahun itu tetap diizinkan menemani anaknya saat di ruang isolasi. Orangtua balita tetap harus mengenakan alat pelindung diri (APD) dan menandatangani surat pernyataan.

"Salah satu dari orangtuanya diizinkan menemani anak tersebut diruang isolasi tapi tentu dengan perlindungan APD untuk orangtuanya dan pernyataan kalau ada risiko terpapar virus dari anaknya yang dia jaga diruang isolasi," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

DYA adalah pasien balita positif Corona pertama di Riau, yang kini dirawat diruang isolasi RSUD Dumai. Balita tersebut diduga tertular dari kakeknya yang berinisial S, pasien positif ke-27.

Pasien S adalah warga Kecamatan Dumai Kota, yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Bekasi, Jawa Barat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

35 Orang di Riau Positif Corona

Menurut Indra Yovi, per Selasa (21/4/2020) terdapat penambahan satu kasus positif COVID-19 sehingga total di Provinsi Riau terdapat 35 kasus positif. Rinciannya ada 22 pasien masih dirawat, sembilan orang sehat dan sudah dipulangkan, sedangkan yang meninggal dunia ada empat orang.

Pasien ke-35 positif COVID-19 di Riau berinisial NU, warga Kota Dumai. Pasien berusia 37 tahun ini merupakan hasil penelusuran (contact tracing) dari pasien positif lainnya, yaitu seorang aparatur sipil negara di Dumai berinisial ME.

"Pasien NU kontak erat dari pasien positif COVID-19 nomor 23, yaitu ME. Tidak ada hubungan keluarga tetapi pernah sama-sama ada kegiatan atau rapat bersama," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.