Sukses

Warga Serang Diduga Meninggal karena Kelaparan, Ini Respons DPR

Mardani mengatakan, meninggalnya Yuli adalah musibah besar dan kemungkinan ada kasus serupa yang sedang terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Serang, Banten bernama Yuli kelaparan dan meninggal di tengah pandemi Covid-19. Anggota DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera meminta bantuan sosial pemerintah harus segera sampai kepada masyarakat.

"Ini menunjukkan bahwa bansos harus segera turun dan diberikan secara akurat," kata Mardani, Selasa (21/4/2020).

Mardani meminta pemerintah harus segera memiliki satu komando hingga tingkat terkecil desa, kampung bahkan RT dan RW. Khususnya, daerah pinggiran dan pedesaan. Dengan bantuan TNI-Polri, stok pangan kepada masyarakat wajib segera dikucurkan.

"Pemerintah harus mulai masuk ke mikro kondisi per RT. Semua RT dan RW dioptimalkan," ucapnya.

Dia menambahkan, meninggalnya Yuli adalah musibah besar dan kemungkinan ada kasus serupa yang sedang terjadi. Mardani mengajak para pihak mampu bergerak menjaga semua agar tetap selamat dan sehat. Karena, hal itu adalah tugas kemanusiaan.

"Ini berita yang sangat menyedihkan," ucapnya.

Sementara, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno juga menyoroti meninggalnya warga Serang, Banten bernama Yuli yang diduga kelaparan akibat sulitnya perekonomian di tengah Covid-19. Hendrawan menegaskan, bahwa negara harus menjamin kehidupan warganya.

"Harus dicegah. Negara harus hadir di garis depan untuk menjamin tidak boleh ada warga yang hidupnya menukik di bawah garis subsistensi atau eksistensi," kata Hendrawan.

Dia meminta semua kelembagaan masyarakat dan potensi solidaritas sosial harus dimaksimalkan. Serta semangat gotong royong dan saling membantu terus digelorakan.

"Jaring pengaman sosial (social safety net) sudah turun anggarannya. Pemda harus menyalurkan bantuan secara efektif dan tepat waktu," imbuhnya.

Menurut dia, dalam kondisi sulit seperti sekarang, potensi orang sakit karena stres semakin besar. Dia menyebut, DPR dan DPRD terus memantau dana dana yang digunakan untuk penanganan kasus Covid-19 ini.

"Semoga semua menyadari bahwa inilah saat-saat di mana pemimpin di segala lapisan harus turun dan menunjukkan kualitas pengabdiannya kepada masyarakat," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kematian

Yuli, warga Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang, Banten sempat ramai diberitakan tidak makan dua hari dan hanya minum air galon karena imbas dari sulitnya perekonomian di tengah pandemi corona. Dia kemudian meninggal dunia, Senin (20/4/2020).

Camat Serang Tb. Yassin membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan, Yuli dinyatakan meninggal pada pukul 15.30 WIB.

"Infonya saya dari Pak Lurah, melalui telepon. Saya setengah empat ke lokasi (rumah almarhum)," ujarnya.

Yasin mengaku belum tahu pasti penyebab meninggalnya salah satu warga Kota Serang tersebut. Namun dia mendapatkan informasi, Yuli meninggal saat akan dibawa menuju Puskesmas Singandaru.

Sementara itu, Juru bicara gugus tugas Covid 19 Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan penyebab meninggalnya Yuli karena diduga serangan jantung, bukan kelaparan.

"Visum resmi besok akan disampaikan, saya pastikan bukan terkait sama Covid, bukan karena kelaparan, tapi karena serangan jantung. Yang bersangkutan dapat pertanyaan berat dari orang sekelilingnya. Visum resmi akan disampaikan Puskesmas besok, tapi saya tanya dokternya diduga jantung," katanya, Senin, (20/4/2020).

Hari mengungkapkan, dari laporan yang diterima pihaknya dari pemerintah setempat, almarhum berasal dari keluarga yang mampu dan bisa untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Kesehariannya dari laporan aparat wilayah setempat berasal dari keluarga mampu semuanya, artinya untuk beli rokok sama nasi tuh masih sanggup," ujarnya.

Hari mengatakan bahwa keluarga almarhum masuk dalam status Jaring Pengaman Sosial (JPS) Kota Serang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang sudah memberikan bantuan sembako pada tanggal 18 April 2020, sebagai bentuk pertanggungjawaban.

"Bantuan telah diberikan dan setelah dicek termasuk dalam pendataan JPS. Artinya dalam sisi tanggungjawab pemerintah Kami gerak cepat untuk menyelesaikan permasalahan itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Serang

  • Kelaparan