Sukses

HMI Apresiasi Instruksi Presiden Jokowi Soal Penyesuaian Harga BBM

HMI sangat mengapresiasi instruksi dan political will Presiden Jokowi yang secara khusus meminta kementerian terkait untuk mereview penyesuaian harga BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi telah menginstruksikan menteri terkait untuk mereview penurunan harga BBM dalam rapat terbatas di Istana Merdeka pada 18 Maret 2020. Hal ini menyusul terkoreksinya harga minyak dunia.

Arahan tersebut diapresiasi oleh Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI). Langkah itu dinilai penting dilakukan untuk meringankan beban masyarakat akibat wabah corona covid-19.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, kebijakan penyesuaian harga BBM dengan indikator pembentuk harga minyak dunia adalah sangat penting untuk direalisasikan” ungkap Pj Ketua Umum PB HMI Arya Kharisma Hardi di Jakarta, Senin (20/4/2020).

HMI sangat mengapresiasi instruksi dan political will Presiden Jokowi yang secara khusus meminta kementerian terkait untuk mereview penyesuaian harga BBM di tengah situasi pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin tajam terkoreksi.

“Sebagai perusahaan negara yang adalah penyangga utama kebutuhan energi nasional, PT Pertamina sudah seharusnya memperlihatkan sisi humanitasnya dalam membantu masyarakat kecil dengan memberikan keringanan harga BBM secara tepat sasaran dan masif,” jelas Arya.

Lebih lanjut, Arya menambahkan, di tengah situasi sosial dan ekonomi yang serba tidak menguntungkan ini, HMI meminta pemerintah melalui kementrian ESDM agar segera mengumumkan kebijakan yang sedikit banyak bisa menjadi pelipur lara masyarakat, karena masih terdapat jutaan petani dan pedagang di daerah-daerah yang sedang aktif melakukan kegiatan produksi dan distribusi.

“Hal ini juga akan berengaruh langsung terhadap daya beli dan tingkat konsumsi rumah tangga, apalagi menjelang bulan suci Ramadan,” terangnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berani Bertaruh

Menurutnya, pemerintah harus berani bertaruh dengan segala kemungkinan terburuk yang mungkin akan dihadapi bangsa ke depan.

“Ancaman resesi dan gejolak sosial bisa saja akan semakin memperkeruh situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Namun dengan kebijakan sederhana dan efektif seperti menurunkan harga BBM akan membantu menjadikan segalanya menjadi mudah dan terkendali, ” ucap Arya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • HMI