Sukses

Pandemi Corona, Ibu-Ibu Kota Bogor Bagikan Nasi Bungkus

Setelah dibungkus di dapur umum, nasi bungkus tersebut disebarkan oleh kader PKK kepada pengemudi ojek online, ojek pangkalan, sopir angkutan kota, para pedagang, dan masyarakat sekitar yang kurang mampu.

Liputan6.com, Jakarta Sekelompok ibu-ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor tampak kompak membungkus hidangan siap santap ke dalam boks. Setelah rapi, boks-boks berisi nasi dan lauk pauk tersebut diangkut ke dalam mobil untuk kemudian diantarkan ke rumah-rumah warga dan pengendara yang membutuhkan.

Aktivitas para kader PKK Kota Bogor tersebut merupakan bagian dari program Gasibu atau Gerakan Nasi Bungkus yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gerakan ini dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak secara ekonomi dan sosial akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kota Bogor. Seperti di Kecamatan Bogor Barat, bahan baku nasi bungkus berasal dari masyarakat ekonomi mampu.

"Seperti di Curug Mekar ada Perumahan Yasmin, ada dapur umum. Warga di sana hampir setiap hari ada yang nyumbang masakan, kita tampung," kata Camat Bogor Barat Juniarti Estiningsih, Sabtu (18/4/2020).

Setelah dibungkus di dapur umum, nasi bungkus tersebut disebarkan oleh kader PKK kepada pengemudi ojek online, ojek pangkalan, sopir angkutan kota, para pedagang, dan masyarakat sekitar yang kurang mampu.

"Dapur umum seperti ini sudah kita laksanakan dari 10 hari lalu di titik-titik tertentu secara bergantian, tergantung kemampuan masyarakatnya. Rata-rata per hari menyebar 200-300 nasi bungkus untuk warga," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swadaya

Gerakan serupa juga terlihat di Kantor Kecamatan Bogor Utara. Sejumlah ibu-ibu PKK Kelurahan se-Bogor Utara secara swadaya ikut andil bagian dalam program Gasibu.

Ketua TP PKK Kecamatan Bogor Utara Isye Rahmawati Hidayat mengatakan, gerakan ini menindaklanjuti imbauan Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian, yang meminta para kader untuk ikut berperan aktif dalam penanggulangan wabah Covid-19 ini.

"Mereka mengajak warga yang mampu secara swadaya untuk ikut berpartisipasi. Sistemnya donatur memasak di rumah masing-masing lalu dibawa ke kantor kecamatan untuk dikemas di sini agar lebih higienis," kata dia.

Isye berharap, warga Kecamatan Bogor Utara yang mampu dan ingin membantu meringankan beban masyarakat bisa mendatangi kantor kecamatan atau kader PKK di tempat tinggalnya masing-masing.

"Mudah-mudahan aksi ini bisa membantu meringankan beban masyarakat," ucap Isye.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.