Sukses

Pandemi Corona, MUI Imbau Umat Muslim Ibadah Tarawih di Rumah

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau umat muslim melaksanakan ibadah salat tarawih selama bulan ramadan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau umat muslim melaksanakan ibadah salat tarawih selama bulan ramadan di rumah. Hal ini menurutnya, tidak mengurangi esensi ibadah. Ibadah di rumah ini untuk mencegah agar tak tertular Corona Covid-19.

"Kebiasaan ibadah di masjid dan musala saat tarawih, yang biasanya kita laksanakan, kita syiarkan dengan berbagai aktivitas keagamaan, mari kita geser itu ke kediaman masing-masing. Sungguh, penggeseran dari masjid ke kediaman tidak mengurangi se-inci pun ketaatan itu," kata Asrorun, Sabtu (18/4/2020).

Dia menuturkan, melaksanakan ibadah sunah seperti salat tarawih di rumah bahkan sudah dianjurkan oleh rasulullah dalam sabdanya dalam hadits sahih, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Dalam hadits tersebut, kata Asrorun, rasulullah bersabda agar jangan jadikan kediaman umatnya seperti kuburan tidak diterangi cahaya alquran. Untuk itu, umat rasulullah diharuskan perbanyak ibadah salat dan tilawah.

"Hari ini, dengan wabah Covid-19 menjadi hikmah agar rumah bisa tetap terang, bisa dipancarkan oleh cahaya al-quran melalui aktivitas ibadah. Jangan sampai rumah kita gelap, bak kuburan seolah-olah menjadi pusat pertengkaran karena tidak adanya harmoni antar satu dengan yang lain anggota keluarga," jelasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadikan Rumah Sebagai Tempat Ibadah

Kepada masyarakat yang berada di kawasan terdampak, Asrorun mengajak agar membangun kebiasaan baru di dalam pelaksanaan ibadah.

"Menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang kita alami dewasa ini. Mari kita jadikan rumah sebagai tempat ibadah, ibadah mahdhah, dan juga ibadah ghairu mahdhah," pesan Asrorun.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.