Sukses

Nasdem Gelar Rapid Test Covid-19 terhadap 2.000 Warga di Kepulauan Seribu

Para petugas secara door to door mengunjungi rumah warga untuk melakukan layanan rapid test.

Liputan6.com, Jakarta - Kader Partai Nasdem terus bergerak membantu masyarakat menghadapi pandemi covid-19. Melalui Gerakan Nasdem Peduli, Badan Rescue bersama DPP dan DPW Partai Nasdem DKI Jakarta melakukan tes cepat (rapid test) covid-19 secara gratis terhadap 2.000 warga yang berada di Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Ketua Badan Rescue Nasdem Heriadi Anwar menuturkan, Gerakan Nasdem Peduli merupakan gerakan kemanusiaan yang diinisiasi oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian dan kehadiran Nasdem bagi warga terdampak covid-19.

"Kita, terhitung mulai hari ini ditugaskan untuk melalukan rapid test, penyemprotan cairan disinfektan dan lainnya di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Kita membawa 22 orang tim medis yang terdiri dari dokter dan juga perawat," ujar pria yang akrab disapa dengan Bang Ade dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/4/2020). 

Menurut Ade, kegiatan ini akan berlangsung hingga Selasa 21 April, dan dilakukan dengan menerapkan prinsip social dan phsycal distancing sesuai anjuran Pemprov DKI Jakarta dalam kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). "Para petugas secara door to door mengunjungi rumah warga untuk melakukan layanan rapid test karena Nasdem ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat," jelasnya.

Dia melanjutkan, selain melaksanakan rapid test dan penyemprotan cairan disinfektan, Badan Rescue Nasdem juga memberikan pendampingan sosialisasi dan edukasi tentang cara hidup selama masa PSBB covid-19. Mulai dari anjuran mencuci tangan, menjaga jarak, hingga tetap berada di rumah masing-masing. 

"Kita juga berikan hand sanitizer, masker, dan sabun untuk cuci tangan. Kita berharap bisa berlanjut ke program lain," tutur Ade yang juga anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi Puskesmas

Ade menambahkan, jika nantinya dalam proses screening terdapat hasil rapid test yang menunjukkan seseorang positif covid-19, maka Badan Rescue Nasdem akan berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk mengambil tindakan penanganan lebih lanjut mulai dari anjuran isolasi mandiri hingga pemberian rujukan ke rumah sakit. 

"Mereka yang harus diisolasi mandiri akan kita berikan sembako dan bantuan makanan selama 14 hari. Jumlahnya menyesuaikan anggota rumah tangga," ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Nasdem Muhammad Idris menuturkan alasan Nasdem memilih wilayah Kepulauan Seribu sebagai salah satu lokasi dilakukannya rapid test. Karena menurutnya, Kepulauan Seribu sempat dijadikan tempat singgah bagi awak kapal Diamond Princes yang beberapa diantaranya telah dinyatakan positif covid-19. Dirinya juga berharap warga Kepulauan Seribu tetap tertib dalam melaksanakan imbauan PSBB. 

"Kami berharap wilayah Kepulauan Seribu tetap steril dari covid-19," jelas Idris yang merupakan putra asli Kepulauan Seribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.