Sukses

Top 3 News: 55 Anggota TNI Positif Corona Covid-19

Top 3 news hari ini, Panglima TNI Hadi Tjahjanto terus melakukan rapid test terhadap seluruh anggota, termasuk purnawirawan untuk menekan penyebaran virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, jumlah pasien positif Corona terus meningkat. Hingga Rabu, 15 April 2020, ada penambahan 297 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Maka total keseluruhan pasien positif virus Corona di Indonesia menjadi 5.136 orang.

Dari jumlah tersebut, 55 orang di antaranya datang dari anggota TNI. Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan ada 1.187 kasus Covid-19 akibat virus Corona di tubuh TNI.

Sebagai bentuk pencegahan agar virus ini tidak meluas, Panglima Hadi Tjahjanto terus melakukan rapid test terhadap seluruh anggota, termasuk purnawirawan.

Berita kedua yang juga banyak disorot di News Liputan6.com, terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah. Selain Jakarta, PSBB juga telah berlaku untuk wilayah Depok, Bekasi, Bogor, dan nantinya akan diikuti oleh Tangerang.

Memasuki hari keenam PSBB diberlakukan di Jakarta, masih ditemukan sejumlah pelanggaran. Kerumunan masih terjadi, masih tidak memakai masker, jumlah penumpang yang malah melebihi, dan banyak lagi.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kini tak lagi sendiri. Setelah beberapa lama memimpin Ibu Kota tanpa pendamping, Anies telah memiliki Wakil Gubernur. Ahmad Riza Patria telah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 14 April 2020:

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Panglima: 55 Anggota TNI Positif Corona Covid-19, 15 Orang Meninggal Dunia

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan ada 1.187 kasus Covid-19 akibat virus Corona di TNI. Sebanyak 55 orang di antaranya dinyatakan positif terinfeksi Corona dan 15 orang meninggal dunia.

"Data yang ada di Mabes TNI sendiri, ada 1.187 kasus terkait Covid-19. Yang positif 55 orang, kemudian PDP 190 orang, 873 orang ODP, sembuh ada 54 orang dan meninggal dunia ada 15 orang," kata Hadi, dalam rapat bersama Komisi I, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Menurut dia, TNI juga telah dan akan terus melakukan rapid test terhadap seluruh anggota, baik yang masih aktif maupun purnawirawan. Hal tersebut guna mengantisipasi serta melacak penyebaran virus Corona.

"Anggota TNI seluruh RI ada kurang lebih 450 ribu, kalau kita asumsikan satu anggota itu memiliki satu istri dua anak. Itu kurang lebih, anggotanya semuanya hampir 2 juta," ujar Hadi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. HEADLINE: Sanksi Tegas Terhadap Pelanggar PSBB, Jerat Pidana Masih Diperlukan?

Sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan pada Jumat 10 April 2020, kondisi lalu lintas dan pergerakan orang di Jakarta terpantau sepi.

Suasana ini terus terasa hingga Minggu 12 April 2020. Namun sehari setelahnya, kesunyian itu mulai pecah. Keramaian lalu lintas mulai kembali mewarnai sejumlah ruas jalan di Ibu Kota.

Aturan ini belum berjalan maksimal lantaran disebutkan belum adanya penerapan PSBB di daerah penyangga Jakarta. Sementara, wilayah Bogor, Bekasi, dan Depok akan menerapkan kebijakan ini pada Rabu 15 April dan Tangerang pada 18 April 2020.

Namun, jika masih tetap meningkat, apakah perlu para pelanggar PSBB ini dijerat pidana agar aturan ini berlaku secara maksimal.

Menurut Kriminolog UI Iqrak Sulhin, jerat pidana tidak tepat diberlakukan terhadap pelanggar PSBB. Karena perbuatan tersebut dinilanya bukanlah sebagai sebagai tindakan pidana, namun ini sebagai suatu yang mungkin merugikan masyarakat lain.

Karenanya dia tidak setuju mereka yang melanggar kebijakan PSBB ini langsung diseret kepada urusan hukum.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Wakil Anies Baswedan, Riza Patria Nyekar ke Makam Anak Usai Dilantik Jadi Wagub DKI

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria telah resmi dilantik jadi pendamping Anies Baswedan yang baru oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Usai dilantik, Riza mengaku akan menyambangi sejumlah tempat. Salah satunya rumah orangtuanya.

Hari ini, Kamis (16/4/2020), merupakan hari pertamanya mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Riza menyebut, pada hari pertamanya jadi Wagub DKI tersebut, dia ingin berkenalan dengan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.