Sukses

Pakar Gugus Tugas Covid-19: Masker Kain Hanya Bisa Dipakai 4 Jam

Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan bahwa penggunaan masker kain hanyalah empat jam. Setelah itu, masker kain harus diganti.

Liputan6.com, Jakarta Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan bahwa penggunaan masker kain hanyalah empat jam. Setelah itu, masker kain harus diganti.

"Masker kain bagi orang yang sehat maksimal dipakai tiga sampai empat jam, setelah itu harus diganti," kata Wiku dalam acara sosialisasi pedoman standar alat pelindung diri (APD) di BNPB, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Syarat minimal masker kain yang direkomendasikan Wiku adalah berbahan katun, menggunakan tiga lapis kain, kemudian disesuaikan dengan bentuk wajah.

Meski saat ini masker telah dapat kembali diperoleh dengan mudah, namun Miku mengatakan benda itu dapat dibuat sendiri di rumah masing-masing.

"Yang penting adalah menutup dagu, mulut, sampai pipi," paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuci Tangan Setelah Buka Masker

Wiku kemudian mempraktekkan cara melepas masker kain penutup hidung dan mulut yang tepat. Pertama, melepas pengait masker di telinga kanan dengan tangan kanan, kemudian melepas pengait masker di telinga kiri dengan tangan kiri.

Berikutnya, memasukkan masker itu ke dalam kantung plastik untuk kemudian dapat dicuci dan dipakai kembali.

Setelah membuka masker dan menyimpannya ke dalam kantung plastik, Wiku mengingatkan agar mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.