Sukses

Sesuaikan dengan Indeks Sinar UV, BMKG Ungkap Waktu Berjemur Terbaik Bagi Warga Jabodetabek

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap bahwa waktu berjemur yang baik di setiap daerah memiliki waktu yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Selain asupan makanan yang dapat meningkatan imunitas tubuh, salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari virus Corona Covid-19 adalah dengan cara berjemur.

Aktivitas berjemur yang dipraktikkan di tengah pandemi virus Corona Covid-19 ini, akan membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin D.

Vitamin D dapat memperkuat tulang dan melindungi diri dari virus Corona Covid-19.

Namun, waktu berjemur tak bisa sembarangan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap bahwa waktu berjemur yang baik di setiap daerah memiliki waktu yang berbeda-beda. Untuk itu, BMKG mengimbau untuk memperhatikan waktu berjemur sesuai dengan indeks ultraviolet (UV).

Dalam akun Instagramnya, BMKG merilis waktu berjemur yang baik bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Perkiraan waktu berjemur yang baik bagi warga Jabodetabek adalah sekitar pukul 08.00 WIB dengan indeks UV 0-2 atau risiko bahaya rendah.

Namun sebaiknya tetap menggunakan kacamata pada hari yang cerah. Gunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ bagi kulit sensitif.

Sementara pukul 09.00 WIB - 10.00 WIB indeks UV 3-5 atau risiko bahaya sedang. Namun, sangat berbahaya bagi orang yang tidak menggunakan pelindung. Tetap berada di tempat teduh saat matahari terik siang hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjemur di Sore Hari

Kemudian pukul 11.00 WIB - 13.00 WIB memiliki indeks UV 6-7 atau risiko bahaya tinggi. Serta diperlukan pelindung matahari untuk menghindari kerusakan mata dan kulit. Serta kurangi paparan sinar matahari antara pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kemudian pada pukul 14.00 WIB memiliki indeks UV 3-5 dengan risiko bahaya sedang. Waktu berjemur yang baik, kembali di pukul 15.00 WIB dengan indeks UV 1-3 atau risiko bahaya rendah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.